Masyarakat Nagori Bangun Jalan Desa dengan Marharoan Bolon

/ Sabtu, 20 Mei 2023 / 18.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIMALUNGUN-Masyarakat Nagori di Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mengadakan Marharoan Bolon atau yang dalam bahasa Indonesia disebut gotong royong, Sabtu (20/5/2023). 

Sasaran Marharoan Bolon kali ini adalah jalan desa jurusan dari Kelurahan Haranggaol Horisan menuju Nagori yang selama ini mengalami kerusakan. Kerusakan ini berupa badan jalan terkelupas membuat batuan berserakan. Hal ini membuat kendaraan  rawan jatuh ke dalam Danau Toba.

Bentuk pengerjaan gotong royong ini adalah pengecoran atau rabat beton sepanjang 200 meter. Kegiatan gotong royong ini dilakukan oleh lebih kurang 100 orang dari masyarakat Nagori yang dikoordinir oleh Pangulu (kepala desa) Nagori dan Camat Haranggaol Horisan Bangun Siregar, SP.

Jalan yang berada persis di tepian Danau Toba ini adalah satu-satunya akses jalan keluar masuk dari dan ke Kelurahan Haranggaol Horisan sebagai ibukota kecamatan. Namun, dilihat dari kondisi selama beberapa tahun belakangan ini mengalami kerusakan dan berakibat pada kesulitan mengangkut hasil bumi.

Menurut Sarmuliadin Sinaga, ST seorang putra daerah ini, Sabtu (20/5/2023) berinisiatif mengajak masyarakat melakukan Marharoan Bolon mengatakan kepada kepada Poskota Sumatera di lokasi gotong royong. Jalan ini sudah lama mengalami kerusakan. Badan jalan hancur beberapa tahun belakangan ini. "Untuk membantu program pemerintah perlu diangkat partisipasi masyarakat. Jadilah hari ini kita Marharoan Bolon (gotong royong). Kita berharap, dengan kegiatan ini, jalan-jalan yang rusak parah dapat berubah menjadi lebih baik," katanya.

Dalam kegiatan gotong royong ini,  elemen masyarakat Korps Senior Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Simalungun (Korps Senior Himapsi) yang dihadiri Direktur Pemberdayaan Dameanto Purba, SPd, MSi  memberikan bantuan berupa 165 zak semen selain Korps Senior Himapsi, hadir juga memberikan bantuan semen Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Simalungun Arifin Nainggolan dan Camat Haranggaol Horisan Bangun Siregar, SP. (PS/JDW)

Komentar Anda

Terkini: