ODGJ Mengamuk Saat Dirumah Keluarga di Sidiangkat ,"Team Sabara Polres Dairi Langsung Mengamankan"

/ Kamis, 25 Mei 2023 / 07.43.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Orang Diduga  Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) inisial SA (42) diamankan Tim personil Sabhara Polres Dairi bersama anggota TNI, Sat Pol PP Dairi diamankan ke Rumah Saki Umum Daerah Sidikalang ,Rabu (24/05/2023) sekitar 14.30 wib sampai dirumah Sakit Umum Sidikalang.

ODGJ langsung diborgol dan diboyong ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang didampingi keluarga.

Permasalahannya telah ditangani Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Lurah Sidiangkat untuk berkoordinasi Orang Diduga  Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) inisial SA (42) tersebut.

Menurut  Anjur Angkat, abang kandung ODGJ. Mengatan awal adiknya diserang penyakit gangguan jiwa sekitar dua tahun lalu, dan bolak balik dipasung juga tangan kakinya diikat rantai agar jangan menggangu orang lain.

Walaupun adik saya itu tinggalnya saat ini dirumah orangtua kami dan bersebelahan dengan rumah saya,tetap kami merasa was-was apalagi sudah kumat penyakitnya itu.

Memang melihat keluargalah yang paling marah,kamipun merasa heran kenapa mesti terjadi demikian. Terus terang bahwa tidak seterusnya mengamuk,tapi kalu adik saya sudah kumat,keluargalah yang paling tidak disukai ungkap Anjur dengan pasrah,sekalan harapannya kepada pihak yang berkompoten ternasuk pemerintah bagaimana supaya adik saya itu pulih kembali seperti semula urai Anjur.

Sang Adik memiliki istri dan 5 orang anak, bertempat tinggal di Lae Mbereng Kecamatan Kerajaan Pakpak Bharat. sejak saat itu adiknya ditinggal istrinya akibat   mengalami gangguan jiwa, sempat dilakukan pengobatan, namun berulang kali kambuh.

Kalau sedang kambuh dan mengamuk, semua orang takut karena rantai saja bisa putus, takut berdampak buruk kepada warga lain maka keluarga sepakat melaporkan  ke lurah ,agar bisa diamankan ujar abang kandungnya itu.

Di RSUD Sidikakang, Lurah Sidiangkat Mawardy Tumangger, menyebutkan bahwa tim sempat kewalahan mengamankan ODGJ itu karena menyerang warga yang menyaksikan penangkapan, karena ODGJ itu merupakan warga Kabupaten Pakpak Bharat, yang diketahui  sebelumnya dijemput keluarganya sendiri  dan dibawa ke  tempat orang tuanya di Kelurahan Sidiangkat, Sidikalang Dairi ungkapnya di RSUD Sidikakang,

Selanjutnya Dinas Sosial Dairi melakukan koordinasi serta menyerahkan penanganan selanjutnya ODGJ tersebut kepada Dinas Sosial Pakpak Bharat seperti permintaan keluarga, karena sesuai KTP dan KK ODGJ tersebut merupakan warga Kabupaten Pakpak Bharat.Apakah dibawa kemedan ke RSJ kita tunggu infotmasi dari Dinas Sosial Pakpak Bharat sebut Lurah Sidiangkat.

RSUD Sidikalang memberikan tindakan pelayanan terhadap ODGJ tersebut walau sempat  meronta-ronta dengan tangan diborgol dan dalam pengawasan kepolisian serta mengundang perhatian banyak warga pengunjung di RSUD Sidikalang itu.

Dan sempat salah satu medis melarang mengambil foto untuk publikasi sebagai bahan berita tentang kejadian itu.

Namun abang kandung sipasien ODGJ tidak merasa keberatan kalau hal ini dipublikasikan,artinya bagaiman baiknya yang penting pihak pemerintah dapat mengatasi bagaiman adik saya ini bisa pulih sepeti semula agar bisa dia berkumpul dengan anak dan istrinya di kampung Lae Mbereng Pakpak Bharat sana ujar Anjur,penuh dengan harapan.  .(PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: