Budi Daya Buah Mangga Harum manis Desa Lumban Huayan Kec.Sayurmatinggi

/ Rabu, 28 Juni 2023 / 16.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Lumban Huayan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan akan budi daya buah mangga harum manis di lahan lebih kurang 1 hektar binaan bhabinkamtibmas Polsek Batangangkola.



Demikian disampaikan Kepala Desa Lumban Huayan Muhtar Pasaribu kepada awak media online Rabu (28/6-2023).


Disampaikan," penanaman budi daya mangga harum manis adalah atas bimbingan dan masukan Kapolsek Batangangkola AKP Raden Saleh Harahap SH, Bhabinkamtibmas dan Camat Sayurmatinggi Enri Cofermi Batubara S.Pd M.Pd untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan," setelah diskusi dengan aparat desa, masyarakat dan masukan Kapolsek Batangangkola dan Camat Sayurmatinggi,  Pemdes Lumban Huayan terus bergerak cepat menyiapkan lahan untuk budi daya mangga harum manis. 

Program yang diluncurkan oleh pemerintah Desa Lumban Huayan Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan yang direalisasikan  tahun ini yakni menyediakan bibit mangga varietas harum manis sebanyak ribuan  batang yang siap dibagikan ke segenap warga desa.

Diharapkan, dengan program ini dapat langsung dirasakan oleh warga masyarakat setempat dan pada akhirnya nanti dapat menciptakan desa tersebut sebagai salah satu sentra buah khususnya mangga sehingga visi misi Bupati Tapsel Bapak H. Dolly Pasaribu SPt MM masyarakat yang sehat,  cerdas dan sejahtera dapat tercapai, "harapnya.

Kades Lumban Huayan, Muhtar Pasaribu saat dibincangi awak media ini mengungkapkan, bila serius ditekuni oleh warga, dari jumlah bibit tersebut, bila saatnya panen desa Lumban Huayan akan tersedia buah mangga yang melimpah sehingga dapat dijadikan salah satu sektor pendongkrak ekonomi.

” Saya sendiri rencana ikut menanam di kebun, semua warga tanpa kecuali kita berikan bibit untuk ditanam di lahan milik mereka masing-masing,” tutur Kades.

Lebih lanjut disampaikan Kades,  bahwa Persiapan bibit  mangga dapat diperoleh melalui biji, okulasi, cangkok, sambung pucuk dan grasping susuk. Pembibitan dapat dilakukan sendiri, namun jika tidak ingin repot, dapat membeli bibit mangga harum manis di toko bibit atau toko tanaman," ujarnya. 

Menurut Kepala Desa Huayan sebelum menanam mangga harum manis yang perlu dipersiapkan pertama lahan , seterusnya  bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, membuat lubang tanam sedalam 50 cm hingga 100 cm dan beri jarak tanam sekitar 5- 10 meter. Dan penanamannya dapat berbentuk garis diagonal, garis sejajar, ataupun dengan bentuk segitiga sama sisi. Jika lubang tanam sudah siap, diamkan selama satu hingga dua minggu agar racun dalam tanahnya hilang. Tanah galian lubang dicampur dengan sekam padi dan juga pupuk kandang," Beber Kades. 

Menanam mangga harum manis Jika semua sudah siap, lakukan penanaman segera. Cara menanam mangga harum manis adalah, masukkan tanah yang telah dicampur dengan sekam dan pupuk tersebut ke dalam lubang hingga mencapai ketinggian sepertiga tinggi lubang secara keseluruhan. Keluarkan bibit pohon mangga harum manis dari polybag dan masukkan ke dalam lubang tanam tersebut. Kemudian, timbun bibit tersebut dengan tanah sisa yang masih ada. Biasanya bibit tanaman yang berasal dari teknik okulasi memiliki mata okulasi. Maka, usahakan mata okulasi ini tidak tertimbun," ujarnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: