Dewan Pengurus Tinjau Calon Pusat Benih dan Persemaian Partogam Sumut

/ Minggu, 25 Juni 2023 / 13.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-HUMBAHAS-Dewan Pengurus Parsadaan Toga Manullang Sumatera Utara (Partogam Sumut) meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian  yang ditujukan untuk mengatasi bencana ekologis sekaligus bermanfaat secara ekonomis.


"Hari ini kami sedang di Desa Hutagurgur ini adalah salah satu  calon lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan',"  ujar Ketua Umum Partogam Sumut Dr. Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng di Desa Hutagurgur, Minggu (25/06/2023).

Pusat perbenihan tersebut nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 2,5  hektare yang terdiri atas zona pembenihan, zona kelola Pomparan, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

"Kita harapkan nanti bulan Agustus 2023  sudah MoU dengan sejumlah pemilik lahan, lalu dengan sejumlah kalangan usaha pendukung.  Kita harapkan nanti dari sini akan bisa diproduksi ribuan bibit, berbagai jenis bibit, sesuai kebutuhan setempat," tambah Sanco didampingi Ketua Partogam Humbang Hasundutan Dr. Pardomuan Manullang SPd MPd, Wasekum Ramsus Manullang, Lambok Manullang  dan sejumlah pengurus.

Bibit-bibit tersebut nantinya akan disebar di berbagai lokasi lahan yang kurang produktif, terutama di Humbang Hasundutan. 


"Tentulah kita  berharap ada juga fungsi-fungsi ekonomi sehingga disarankan agar  ditanam tanaman  yang punya fungai ekonomi dan juga fungsi ekologi kawasan Danau Toba," ungkap Sanco yang pernah calon Dirut BPODT.

Alasannya, sambung Sanco karena pada masa mendatang sesuai konsep nasional,  Indonesia akan mengembangkan "green economy".

Mulai 2023 ini, Partogam Sumut diharapkan akan membangun setidaknya 3  lokasi pembibitan. Namun masih melacak lokasi yang dari pomparan, dan bersedia secara sukarela pinjam pakai untuk masa periode tertentu.

"Ayo, para pomparan pemilik lahan tidur, kita Mou kan pinjam pakai lahan. Ditunggu," ujar Sanco.

Selain pembibitan, Partogam Sumut juga sedang menginventaris usaha milik pomparan untuk disinergikan menjadi kekuatan perekonomian yang saling melengkapi.

Ketua Partogam Humbahas Dr. Pardomuan Manullang mengungkapkan, siap mendampingi penguatan perekonomian khusus nya pembibitan di Humbahas.

"Pada pelantikan Ketua Partogam Kecamatan bulan Agustus 2023, kita harapkan segera launching juga usaha usaha produktif," ujar mantan Camat Dolok Sanggul.

Sementara itu pemilik lahan Keluarga Ompu Mateus Manullang diwakili Burhan Manullang, Ramson Manullang dan Guarda Manullang mengungkapkan siap memberikan peminjaman dan pemakaian lahan untuk kemajuan Pomparan Partogam Sumut.

"Pada prinsipnya kita dari keluarga setuju pinjam pakai. Semoga sukses kedepannya," ungkap pengusaha yang tinggal di Jakarta. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: