Cabdisdik Wilayah XI Sukses Melaksanakan Kegiatan Bimtek "ROOTS" Atasi Perundungan/Bullying Di Kalangan Remaja Dan Pelajar.

/ Rabu, 01 November 2023 / 20.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sumatera Utara sukses melaksanakan kegiatan bimtek "ROOTS" mengatasi perundungan/bullying di kalangan remaja dan pelajar 

yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu Tanggal 30 Oktober 2023 sampai tanggal 1 November 2023 di Tiga Lokasi  yaitu di SMKN 1 Padangsidimpuan peserta dari  (Kabupaten Mandailing Natal), di  SMKN 2 Padangsidimpuan (Kabupaten Tapanuli Selatan) dan SMAN 6 Padangsidimpuan (Kota Padangsidimpuan).

Pesertanya terdiri dari Guru Bimbingan Konseling atau Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, para peserta dari perwakilan SMA, SMK dan SLB.


"Sedangkan nara sumber dalam kegiatan ini adalah 
merupakan Tim yang dibentuk di tingkat Nasional dimana untuk Provinsi Sumatera Utara Tim Narasumber ROOTS di Pimpin Oleh Ibu Dr. Raudatus Shafa, M.Psi.

Disampaikan Dr.
Raudatus Shafa, M.Psi.
"ROOTS" adalah singkatan dari "Raising Out-of-the-ordinary Teens and Students." Ini adalah program yang dikembangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk mengatasi isu perundungan atau bullying di kalangan remaja dan pelajar.

"Dikatakannya,"  Program ROOTS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan keterampilan dalam mengatasi perundungan, serta mempromosikan lingkungan yang aman dan sehat di sekolah.

 Karena Pentingnya hal ini maka Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI melakukan kegiatan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan  Dimana Pesertanya terdiri dari Guru Bimbingan Konseling atau Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, para peserta dari perwakilan SMA, SMK dan SLB.


"Dalam kesempatan itu, 
Raudatus Shafa, M.Psi.
 bersama Tim memberikan pengetahuan kepada para peserta bagaimana Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan bisa diakukan. 


Berikut inilah Daftar Materi yang di berikan :
Pre Test & Post Test
Pengenalan Program Roots Indonesia
GEDSI dan Child Safe Guarding
Disiplin Positif dan Bentuk-bentuk Kekerasan.

Teknik Fasilitasi
Modul 1 : Perkenalan Program Pencegahan Perundungan kepada siswa agen perubahan

Modul 2 : Mengenal Identitas, Kepercayaan dan Kesadaran Kelompok

Modul 3 : Mengenal Perundungan (Bullying)

Modul 4 : Mengenal Kepemimpinan dan Cara Komunikasi Efektif

Modul 5 : Melihat dari Perspektif berbeda dan Membangun hubungan yang sehat

Modul 6 : Pengaruh siswa dan tanggapan mereka terhadap konflik

Modul 7 : Menghubungkan  perubahan yang didorong oleh siswa dengan Perilaku Positif

Modul 8 : Mengembangkan Kesepakatan Siswa Anti Perundungan

Modul 9 : Mengembangkan dan mempraktikkan Permainan Peran berdasarkan observasi siswa Terhadap perilaku perundungan di Sekolah
    
Modul 10 : Menuju Aksi yang lebih besar di Sekolah

Modul 11 : Visi untuk Roots Day

Modul 12 dan 13 : Publikasi dan Perkuat Pesan + Persiapan Roots Day
Modul 14 : Roots Day

Setelah para peserta mendapatkan bekal selama bimbingan tenis diharapkan hal ini di teruskan di sekolah untuk bisa dilaksanakan sehingga hasil maksimal bisa di peroleh. Selain itu para Kepala Sekolah juga diharapkan ikut berperan aktif dalam penekanan perundungan dan tindak kekerasan di satuan pendidikan," harapnya.

Selanjutnya Kacabdisdik Wilayaj XI Drs.Oloan Nasution menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang telah menyampaikan pemaparan cara  mengatasi perundungan/bullying di kalangan remaja Dan pelajar. Kiranya peserta bimtek ini bisa mengaktualisasikannya di sekolah  masing masing," harapnya.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: