Pj. Wali Kota lakukan Panen Raya Kegiatan Demonstrasi Area Padi Sawah Di Desa Huta Padang

/ Selasa, 14 November 2023 / 15.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Pj. Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes langsung turun ke lapangan dalam kegiatan demonstrasi area padi sawah di desa Huta Padang kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Selasa (14/11/2023). 


Heri Gunawan Dalimunthe, kepala desa Huta Padang memberikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Pj. Wali Kota Padangsidimpuan yang  terus memberikan  pendampingan dengan melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada kelompok tani yang ada di Kota Padangsidimpuan. Selain itu, membantu menyediakan bibit bibit unggul kepada para petani.

"Selamat datang kami ucapkan kepada bapak Pj. Walikota Padangsidimpuan."

Pj. Wali yang langsung turun ke lapangan memastikan sektor pertanian itu berjalan dengan baik. Luas pertanian sekitar 3066 hektar se-kota Padangsidimpuan.

Beliau juga mengatakan masalah ketahanan pangan memang tengah menjadi perhatian pemerintah  seiring dampak global warming. 

"Kami akan terus terjun kelapangan dan memastikan pertanian yang di era sekarang, bagaimana mempertahan untuk pertanian berkelanjutan di kota Padangsidimpuan. " Ucapnya.


Kepala Dinas Pertanian, Edi Darwan, SP mengajak petani menggunakan pupuk organik dan akan terus melakukan pelatihan agar mengusir hama, dari pupuk organik dapat memberikan nilai tambah pada suatu produk sehingga pertanian memiliki harga jual yang lebih mahal.


"Memperbaiki tekstur padi yang hampir seluruh lahan terkena hama menjadi perhatian utama juga. Oleh karna itu kami akan terus memberikan pelatihan kepada kelompok tani." Katanya.


Selain itu ketua DPRD kota Padangsidimpuan, Siwan Siswanto, SH,MM yang juga merupakan putra daerah Pulo bauk sangat antusias melakukan panen raya tersebut.

Beliau juga dalam sambutan nya menyampaikan apa yang nanti nya akan dibantu oleh pemerintah kota Padangsidimpuan digunakan sebagaimana mesti nya. 

"Mari kita sama sama menjaga lahan pertanian kita ini terkhusus nya dari hama, karna merupakan sumber ketahanan pangan kita. " Tuturnya.

Dari informasi Kepala Badan Pusat Statistik, Hafsah Aprilia mengatakan Produksi padi di tahun 2023 mengalami peningkatan kota Padangsidimpuan dari 17,77% menjadi 20,65%.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: