Bupati Tapsel Dan Kacabdisdik Wilayah XI Hadiri Job Fair BKK Program SMK PK Skema Lanjutan Tahun 2023 di SMKN 1 Marancar

/ Jumat, 01 Desember 2023 / 21.22.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM- TAPSEL-Bupati Tapanuli  Selatan H.Dolly Pasaribu SPT MM dan Kepala Cabang  Dinas Pendidikan  (Kacabdisdik)  Wilayah XI  Provinsi Sumatera Utara Drs.Oloan Nasution menghadiri Job Fair BKK SMK Negeri 1 Marancar, Program SMK Pusat Keunggulan Skema reguler lanjutan Tahun 2023 Berjalan Lancar bertempat di Lapangan SMKN 1 Marancar Jum"at (1/12-2023).


Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu pada kesempatan itu mengajak para siswa-siswi SMKN 1 Marancar  memanfaatkan Job Fair sebagai peluang masuk dunia kerja.



"Untuk itu tunjukkan yang terbaik agar bisa terpilih di Job Fair ini. Saya doakan kalian diterima oleh perusahaan-perusahaan yang ada di job fair ini," kata Dolly.


Menurutnya hal itu penting bagi para siswa-siswi, karena tidak semua lulusan ingin melanjutkan pendidikan atau dengan kata lain ketika lulus langsung ingin bekerja.


"Ini peluang besar bagi anak-anak kami agar yang sudah lulus nanti atau yang sudah alumni mau kemana, dan mau jadi apa? Semoga perusahaan-perusahaan yang mengikuti Job Fair ini bisa menjawab kebimbangan anak-anak sekalian dan yang tidak lolos jangan berkecil hati, karena masih banyak peluang lain," ujar Dolly.


Apalagi Pemkab Tapsel terus mendorong anak-anak SMK untuk menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan dunia pemasaran digital melalui berbagai program yang dijalankan. Semua berpeluang asal sungguh-sungguh dan gigih, Ucap Dolly.


Dengan mengharap Ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa Job Fair BKK Program SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2023 di  SMKN 1 Marancar Resmi saya buka," Pungkas Bupati  H.Dolly Pasaribu SPt MM.



"Kepala Cabang  Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sumatera Utara Drs.Oloan Nasution  memberikan motivasi kepada Siswa/i, dalam   kesempatan itu beliau menyapa Siswa  yang kelas XII siapa yang hendak menyambung ke Perguruan Tinggi tunjuk tangan,  pada kesempatan itu ada 8 orang. Dan yang mau  masuk ke Dunia kerja atau dunia usaha  tolong tunjuk,"  Ucap Kacabdisdik,  dan lebih banyak yang tunjuk tangan.

Pada kesempatan itu Kacabdisdik Wilayah XI  Drs.Oloan Nasution langsung berdialog dengan siswa/i dan menanyakan apa cita citanya.  Salah Siswa SMKN 1 Marancar Muhammad Soleh menjawab cita citanya adalah konstruksi. Seterusnya  Kacabdisdik menyarankan ke Siswa  tersebut  setelah acara ini agar menanyakan Ke PLTA lowongan apa yang tersedia disana dan keterampilan apa yang harus diterima disini ," ucapnya.


Seterusnya Kacabdisdik Wilayah XI menyapa  beberapa pelajar  SMKN 1 Marancar secara bergantian dan memberikan motivasi dengan memberikan hadiah berupa uang  kepada Siswa yang tampil kedepan  yang bisa menjawab pertanyaan Kacakdisdik.


Lebih lanjut disampaikannya,"  dalam profil Pancasila itu  menyangkut karakter ada dua karakter moral dan karakter kinerja.  Karakter moral itu  yaitu takwa, sopan, santun, ulet. Sedangkan karakter kinerja itu tangguh , gigih, ulet dan pantang menyerah," ujar Drs.Oloan Nasution.


"Selanjutnya Kepala SMKN 1 Marancar Afwan Tarihoran M.Pd dalam sambutannya antara lain menyampaikan,"  terimakasih kepada LKP SL Komputer, usaha dagang tyna Coffee,PLTA Batangtoru, dan PT.AR yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Perlu kami jelaskan kepada Bapak Kepala Dinas Kerja dan Kacabdisdik Wilayah XI  bahwa Sekolah ini pertama pada tahun 2005  bernama SMAN 1 Marancar, dan pada tahun 2008 bertukar nama menjadi SMKN 1 Marancar,"ujar Kasek.


Sejak tahun 2015 SMKN 1 Marancar ini mengemban visi Mewujudkan insan beriman cerdas terampil dan berperestasi yang kita kenal dengan berdasi. Maka agak terkenallah  sekolah ini dengan sekolah Berdasi," pungkasnya.


Lebih lanjut disampaikannya," tahap tahap perjuangan SMKN 1 Marancar ini mengalami perubahan perubahan yaitu kita sudah mengikuti sekolah model, saat ini sejak tahun 2022 SMK ini ditanamkan menjadi SMK pelaksana program Pusat Keunggulan dan satu satunya di Tapanuli Selatan di ujung desa ini.

Tahun 2009 kita sudah kita sudah berperstasi yaitu Kepala SMKN 1 Marancar meraih Best Practices Kepala Sekolah Pengawas Sekolah dan Widyaiswara tingkat Nasional yang diselenggarakan di Jakarta,Afwan Tarihoran M.Pd menerima SERTIFIKAT Juara l," ujarnya.

Alhamdulillah tahun ini salah seorang guru Kita menjadi nara sumber berpraktek baik yaitu  Pak Jamnas Harahap SP  yang sudah diundang ke Riau, Pekanbaru, dan sekarang menjadi komunitas praktisi di beberapa Perguruan Tinggi," ucap Kasek dengan bangga.

Disampaikan saat ini kita juga sudah memiliki dua guru penggerak dan sebagai syarat untuk menjadi seorang Kepala Sekolah," ujarnya.

Disampaikan," dengan Job Fair ini marilah kita tunjukkan prestasi kita, bahwa kita bisa. Mari kita emban berpikirlah bisa.Tinggal selangkah lagi SMKN 1 Marancar ini menjadi SMK BLUD atau badan layanan unit daerah.Atas nama Panitia kami memohon maaf kepada Bapak/Ibu undangan kami bilamana ada layanan kami yang kurang berkenan," ujarnya.

Seterusnya Kepala Dinas Ketenagakerjaan Tapsel, Drs.Achmad Raja Nasution M.Si dalam laporannya menjelaskan tujuan diadakan Job Fair itu untuk bagaimana memberikan pengalaman bagi para siswa-siswi nantinya apabila mengajukan lamaran ke perusahaan.

"Tujuan kegiatan ini dimaksudkan agar anak-anak dan alumni untuk bagaimana supaya mendapatkan pengalaman bagaimana mengajukan lamaran ke perusahaan, bagaimana persyaratan yang dibuat perusahaan dan kedepan bagaimana perusahaan membutuhkan skil dan kompetensi," terang Raja.


Untuk informasi, terkait perekrutan karyawan seperti PT. Agincourt Resources Batang Toru memberikan keterangan, pelamar membuat lamaran melalui on-line (wesbite) www.agincourt resources.com atau scan barcode pindai kode batang (tidak menerima bentuk paper, kertas kerja)," ujarnya.

Seterunya Bupati Tapsel didampingi Ka.Cabdisdik Wilayah XI Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Sekolah dan undangan memantau stand PT.AR, stand PLTA Batangtoru,stand Tyna Coffee, stand LKP SL Komputer dan stand SMKN 1 Marancar.

Sementara pihak PLTA Batang Toru, menyampaikan untuk jadi karyawan mengutamakan ahli di bidang komputer (IT) dan mahir berbahasa Inggris.


Sedangkan pihak Tyana Kopi Marancar mengatakan karyawan  mengutamakan berpengalaman atau mereka yang sudah melalui magang di tempat tersebut. 

Dan terakhir lembaga kursus  Pelatihan (LKP) SL komputer bekerja sama dengan SMK N 1 Marancar melaksanakan latihan Komputer dibidang desaon grafis.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu SPt MM, Ka.Cabdisdik Wilayah XI Drs.Oloan Nasution, Kepala Dinas Tenaga  Kerja Kabupaten Tapanuli Selatan Drs.A.Raja Nasution M.Si, Camat Marancar Hj.Rosnanni Pasaribu S.Pd MM, Kasek SMKN 1 Sipirok Sudirman Harahap S.Pd, Kasek SMKN 1 Batangangkola Nelvita Melda S.Pd, Kasek SMPN 1 Marancar Hj. Irma Susiana Harahap S.Pd, Kasek SMPN 2 Marancar Ratnawati Harahap S.Pd,  Kasek SMAN 1 Batangtoru Chaerani Harahap S.Pd, Kepala SMKN 1 Batangtoru, PT.AR, PLTA Batangtoru,Tyna Coffee, Alumni SMKN 1 Marancar, Komite Sekolah, Kepala Desa dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: