Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Tapsel Lakukan Fogging Di Desa Lumban Huayan Kec.Sayurmatinggi

/ Jumat, 29 Desember 2023 / 21.45.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSELSebagai upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan H.Dolly Pasaribu SPT MM memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan fogging di Desa Lumban Huayan  Kecamatan  Sayurmatinggi Kamis (28/12/2023).



Demikian disampaikan Kepala Desa Lumban Huayan Kecamatan Sayurmatinggi Kepada Awak Media online di ruang kerjanya Kamis (28/12-2023).


Disampaikan Muhtar Pasaribu," kegiatan fogging ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati H.Dolly Pasaribu SPT MM  untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejatera.


Sebelum dilakukan fogging, Dinkes terlebih dahulu memberikan penyuluhan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) (3M) Plus 


Menurut Kades Lumban Huayan Muhtar Pasaribu, fogging ini dilakukan untuk mencegah kasus DBD di daerah Kecamatan Sayurmatinggi khususnya di Desa Lumban Huayan. Pastinya sebelum fogging dilakukan, pihaknya melakukan PSN 3M Plus terlebih dahulu.



“Fogging ini bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa yang aktif berkeliaran serta terjadinya demam berdarah” jelasnya.



"Kades Lumban Huayan menerangkan," sebenarnya fogging ini bukan solusi utama. Fogging ini hanya solusi terakhir, karena tidak efektif dan banyak membunuh nyamuk dewasa saja. Namun yang terpenting adalah PSN 3M Plus.

“Mudah-mudahan dengan berjalannya Gema Tjantik (Gerakan Bersama Tebas Jentik) yang rutin dilakukan melalui PSN 3M Plus dan dilakukan fogging kasus DBD di Desa Lumban Huayan Kecamatan Sayurmatinggi  tidak ada”
 pungkasnya.


Turut  hadir dalam acara tersebut Ibu Kepala Puskesmas Sayurmatinggi, Dari Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan, Camat Sayurmatinggi Yang Diwakili Maragabe Siregar, Kepala Desa Lumban Huayan, BPD, Tokoh Masyarakat.(PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: