Kepala MAN IC Tapsel Punya Program Pembelajaran Perilaku Pancasila

/ Senin, 04 Desember 2023 / 22.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIPIROK-Kepala Madrasah MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Abdul Hakim Siregar, S.Pd.I,.M.S.I  mengungkapkan rasa hormat dan syukur atas kehadiran dari BPIP Republik Indonesia.


"Keluarga besar MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan merasa sangat terhormat atas kunjungan Bapak Kepala BPIP, Deputi, Kabag, dan seluruh tim atas Kegiatan Sosialisasi Pancasila di MAN IC Tapsel, pelajar MA/SMA/SMK se-Tabagsel, dan ini akan berdampak positif terhadap pelajar di wilayah Tapanuli memahami Pancasila dan mewijudkannya dalam perilaku," ujar Kepala MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Abdul Hakim Siregar, S.Pd.I,.M.S.I  Sabtu (2/12-2023).


Selanjutnya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D meresmikan Program Pusat Pembelajaran Perilaku Pancasila di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapanuli Selatan, (Sabtu, 2/12). Rangkaian merupakan acara sosialisasi Pancasila kepada pelajar Madrasah Aliyah (MA/SMA/SMK) se-Tapanuli Bagian Selatan.


Dalam arahannya, Yudian menyebutkan sumpah pemuda, Pancasila, dan proklamasi merupakan anugerah dan bahkan mukjizat terbesar sepanjang sejarah. Tidak ada bandingnya dengan bangsa lain. Sebagai contoh waktu penjajahan, mereka menggunakan teknologi militer modern dihadapkan pada pelaratan yang cukup tradisional. Tapi, uniknya Indonesia menjadi negara dan bangsa yang sangat besar.


"Lebih lanjut dikatakannya, sumpah pemuda, Pancasila, dan Proklamasi merupakan pernyataan atau kalimat singkat. Namun, pengaruhnya sedemikian sangat besar yang menyatukan Indonesia. Ini termasuk peran besar para pemuda dan pelajar. 


Selain itu, kepala BPIP juga menyampaikan kepada pelajar untuk menjadi cinta tanah air dan Pancasila."Tanah air, secara khusus kepada pelajar Muslim, harus menjadi atau berada pada pusat atau terdekat dengan sumber air dan tanah sebagaimana berwudu dan sujud dalam shalat." Ini, artinya pelajar menaati konstitusi, konsensus nasional dan perundang-undangan, serta tidak menentang negara.


Hal itu diungkapkan Yudian saat meresmikan Program Perilaku Pancasila, Deklarasi Pelajar MA/SMA/SMK se- Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan Diskusi; Membentuk Karakter Generasi Muda dengan Kearifan Lokal Menuju Indonesia Maju, di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Sumut, (02/12).


PDeputi Bidang hubungan antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI, Ir. Prakoso, M.M. turut menyampaikan sambutannya terkait pentingnya kegiatan tersebut terhadap pelajar MA/SMA/SMK se Tabagsel.


Kegiatan ini juga didukung pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, terutama Pak Bupati, Sekda, dan Kesbangpol Tapsel. 



Turut hadir dalam kegiatan ini, Perwakilan Forkopimda Kabupaten Tapanuli Selatan, Wakil Rektor UIN Syahada Padang Sidempuan. Kakankemenag Kabupaten Tapanuli Selatan, Kakankemenag Kota Padang Sidempuan, Forkopimda kecamatan Sipirok, MUI, Para Kepala Sekolah/Madrasa MA/SMA/SMK se Tabagsel dan Pelajar se- Tabagsel.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: