Pdt Martin Manullang, MTh, MM :Perayaan Natal PGI-D Tapanuli Tengah"HIDUP KITA HARUS JADI KEMULIAAN BAGI TUHAN"

/ Kamis, 07 Desember 2023 / 18.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPTENG-Natal adalah Sebuah Ibadah untuk kemuliaan Allah sehingga hidup kita juga harus menjadi ibadah sebagaimana Tokoh Reformasi Martin Luther mengatakan Laborare Et Ora (dalam bahasa Latin) artinya Pekerjaanmu adalah ibadahmu.


Sehingga dimana pun kita terpanggil bekerja hendaknya menjadi pelayan yang tulus bekerja untuk kemuliaan bagi Tuhan.

Demikian pesan pertama dalam kotbah yang disampaikan oleh bapak Pdt Martin Manullang, MTh, MM pada Ibadah perayaan Natal PGI-D HKBP Pandan Kota Ressort Pandan yang dimulai Pukul 15.15 wib.

Disampaikannya, "  Hidup kita ini adalah berkat dari Tuhan, sebab kita hidup dan bisa seperti saat ini bukan karena kekuatan ataupun kepandaian kita.

 Sehingga kesempatan hidup yang Tuhan berikan bagi kita janganlah sia-siakan, tetapi harus hidup yang benar dan mengucap syukur pada Tuhan, sambung bapak pengkotbah yang juga sebagai ketua umum PGI-D TapTeng ini. 

Dan Pesan kedua, adalah Damai sejahtera di bumi. Untuk menghadirkan damai sejahtera di bumi tidak dapat dengan diri kita sendiri dengan jabatan atau kuasa juga tidak dengan harta kekayaan yang kita miliki.
Tetapi harus di dalam Yesus Kristus kita dapat berdamai di dunia ini,"
pungkas 
Pdt Martin Manullang, MTh, MM

 Lebih lanjut disampailannya, " Untuk berdamai dengan sesama haruslah mampu mengampuni dosa dan kesalahannya, itulah syarat utama kedamaian yang dibawa oleh Tuhan Yesus, paparnya dalam kotbah yang dikutip dari tema Natal Lukas 2 : 14 "Kemuliaan bagi Allah dan Damai Sejahtera di bumi.

Natal PGI-D Tapanuli Tengah ini dilaksanakan pada hari  kemarin Rabu 06 Desember 2023 di HKBP Pandan Kota Ressort Pandan yang dimulai Pukul 15.15 wib dengan prosesi dari kantor PGI-D Tapteng memasuki gereja HKBP Pandan Kota.

Pantauan awak media online Barisan prosesi yang diiringi dengan tortor oleh SMK Maduma Tukka dikoordinir oleh Sekretaris Umum PGI-D Tapteng Pdt Edison Waruwu, SPd.K dan Bendahara Umum PGI-D Tapteng Pdt Siice Sandroto, STh. 

Hadir para hamba Tuhan Para Pendeta dari berbagai gereja-gereja 18 denominasi yang terhimpun dalam lembaga gerejawi PGI-D Tapanuli Tengah.

Sebelum Ibadah dimulai, prosesi dilaksanakan menyampaikan kata-kata sambutan dan penyalaan lilin yang diiringi dengan lagu dan tarian oleh SMP Negeri 1 Pandan serta memberikan ulos sebagai ungkapan terimakasih kepada para undangan yang sudah berpartisipasi mendukung pelaksanaan perayaan Natal tersebut yang dapat terlaksana dengan baik yakni kepada Pj Bupati yang diwakili oleh bapak Winner Napitupulu (kepala dinas PerKim Tapteng), Kapolres Tapteng bapak AKBP Basa Emden Banjarnahor, Tokoh Masyarakat bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, Ketua Umum GAMKI Sumut bapak Darwin Sitompul, ketua DPRD Tapanuli Tengah bapak Khairul Pasaribu, Dandim 0211/TT diwakili bapak kapten Sitompul serta DanSatradar 234 Sibolga diwakili bapak GP. Aritonang.

Acara Ibadah natal berjalan dengan baik dipimpin Liturgis Pdt Nona Astika Sitorus,STh, Pdt Dody Simangunsong, STh dan Pdt Hendra Parapat, MTh  pembaca Firman serta Pdt Yanuar Halawa, STh sebagai pembawa doa syafaat. Ibadah ini dihadiri sekitar 500 an anggota jemaat dan paduan suara atau vocal grup yang hadir adalah vokal grup dari Koor ina kamis HKBP Pandan Kota, VG. Ina bermazmur PGI-D Tapteng, Koor BNKP Hutabalang, Koor Persekutuan Perempuan HKI Pandan, Koor NHKBP Dolok Nauli, VG GNKP Indonesia Hajoran, Koor HKBP Sarudik, Koor ina selasa Pandan Kota, koor ina GKPI Hutanabolon serta persembahan Pujian Vocal Grup Polres Tapteng. Sedang kalangan Pemuda HKI Pandan mempersembahkan Prahmen judul "Kelahiran Yesus".

Setelah ibadah selesai, dilanjutkan dengan acara bersalaman lalu berfoto bersama serta menikmati jedah makanan yang telah dipersiapkan oleh para panitia yang dipimpin Pdt Vicoy F Manurung, STh sebagai ketua, Tirzah Manalu, SE sebagai sekretaris dan Pdt Fenomena Daeli, STh sebagai Bendahara Panitia. 

Atas pelayanan yang baik dari panitia, para jemaat dan juga para hamba Tuhan pulang dengan hati yang penuh damai dan sukacita dari perayaan Natal PGI daerah Tapanuli Tengah yang baru pertama kali ini dilaksanakan sejak berdirinya PGI-D Tapteng.

Sebelumnya adalah natal komisi pemuda. Tuhan Yesus kiranya memberkati seluruh gereja-gereja semakin bersatu dalam memuliakan Tuhan," Pungkasnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: