Pentingnya Ilmu Komunikasi Dalam Pendidikan

/ Senin, 18 Desember 2023 / 23.12.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN,Dalam dunia pendidikan ilmu komunikasi sangat berpengaruh dan berperan penting dalam pengaplikasiannya. Di era dunia pendidikan saat ini, komunikasi lebih mendapatkan perhatian dari masyarakat karena dengan komunikasi yang baik dan tujuan kegiatan pembelajaran yang efektif serta efisien dapat tercapai. Bahkan saat ini orang-orang sering mengatakan bahwa tinggi rendahnya suatu mutu pendidikan itu dipengaruhi oleh komunikasi. 

Komunikasi dalam pendidikan merupakan suatu Proses penyampaian pesan dari seorang komunikator kepada komunikan baik itu berupa materi atau ajaran ajaran positif secara verbal maupun non verbal.

Komunikasi pendidikan meliputi pembicaraan hubungan masyarakat luas yang Proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju. Komunikasi pendidikan ialah menyangkut semua bentuk komunikasi tentang masalah pendidikan.

Adapun manfaat ilmu komunikasi dalam pendidikan yaitu sebagai suatu disiplin ilmu untuk mendukung setiap aktivitas pendidikan komunikasi sangat berpengaruh besar.

Beberapa fungsi komunikasi antara lain:

1. Sebagai Fungsi informatif, yaitu memberi keterangan data atau fakta yang tujuannya berguna bagi segala aspek kehidupan manusia, melalui komunikasi guru dapat menyampaikan pesan kepada siswa dalam bentuk lisan maupun tulisan.

2. Sebagai fungsi edukatif, contohnya setiap orang dalam proses pencapaian kedewasaan Mandiri Biasanya banyak tahu karena banyak mendengar serta membaca lalu berkomunikasi.

3. Sebagai fungsi persuasif yaitu mampu menjadikan komunikasi dalam bentuk motivasi ke orang lain atau siswa (komunikan) agar berperilaku yang sesuai dengan kehendak komunikator.

Penulis : Rohanis Luthfiyyah Rahma

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Prodi Guru Madrasah Ibtidaiyah

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar Anda

Terkini: