Pentingnya komunikasi pendidikan

/ Minggu, 17 Desember 2023 / 17.24.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN, Komunikasi pendidikan adalah aspek komunikasi dalam dunia pendidikan, atau komunikasi yang terjadi pada bidang pendidikan. Jadi segala interaksi yang terhubung dalam semua aspek pendidikan yang saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain.

  Unsur-Unsur komunikasi 

Unsur-unsur komunikasi adalah komponen-komponen dasar yang membentuk proses komunikasi. Terdapat lima unsur pokok dalam komunikasi yang dikenal dengan model komunikasi Shannon-Weaver, yang merupakan salah satu model paling dikenal dalam studi komunikasi. Berikut adalah unsur-unsur komunikasi secara lengkap:

1. Pengirim (Sender)

Pengirim adalah individu atau entitas yang menginisiasi proses komunikasi dengan membuat pesan yang akan dikirimkan kepada penerima. Pengirim memutuskan pesan apa yang ingin disampaikan dan memilih media yang sesuai untuk mengirimkannya.

2. Pesan (Message)

Pesan adalah informasi yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Pesan bisa berupa teks, suara, gambar, atau kombinasi dari semuanya. Pesan harus dirancang sedemikian rupa agar bisa dimengerti oleh penerima.

3. Media Komunikasi (Communication Channel)

Media komunikasi adalah jalur fisik atau teknologi yang digunakan untuk mentransmisikan pesan dari pengirim ke penerima. Contohnya meliputi percakapan langsung, telepon, surat, email, media sosial, dan lain-lain.

4. Penerima (Receiver)

Penerima adalah individu atau kelompok yang menerima pesan yang telah dikirimkan oleh pengirim. Penerima harus memiliki kemampuan untuk memahami pesan yang diterima.

5. Umpan Balik (Feedback)

Umpan balik adalah tanggapan atau respons yang diberikan oleh penerima kepada pengirim setelah menerima dan memahami pesan. Umpan balik penting untuk memastikan bahwa pesan telah diterima dengan benar dan untuk mengevaluasi keberhasilan komunikasi.

Fungsi komunikasi 

1. Fungsi komunikasi sosia

2. fungsi komunikasi ekspresif

3. fungsi komunikasi ritual dan 

4. fungsi komunikasi instrumental.

Contoh komunikasi pendidikan 

contoh komunikasi langsung: Orangtua berbicara dengan anak membahas masalah keuangan. Dosen berdiskusi dengan mahasiswanya terkait topik kuliah. Dua orang teman berpelukan dan berbicara karena sudah lama tidak bertemu.

Penulis

Nurul Aisyah Putri

Fakultas tarbiyah dan keguruan

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

UIN Sumatera Utara

Komentar Anda

Terkini: