Merencanakan Prioritas Pembangunan, Pemdes Sibangkua Gelar Musrenbang DesaTahum Anggaran 2025

/ Sabtu, 13 Januari 2024 / 21.02.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pemerintah Desa Sibangkua, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Kecamatan Jum'at (12/1/2024).


Musrembang Desa dihadiri oleh Camat Angkola Barat,  Kasi Ekbang,  Plt Kasi Rantib, kepala Desa beserta perangkat desa, BPD,  Karangtaruna, PKK Desa,LPMD Kepala Sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, pendamping desa, Mewakiki Kesehatan, Mewakili KB, dan undangan lainnya. 


Camat Angkola. Barat Muhammad Thohir Pasaribu S
Sos menjelaskan, Musrembang Desa ini melibatkan semua kelompok masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang akan diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana,.yatu APBD Kabupaten,  APBD Provinsi, APBN 


Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S. Sos mengungkapkan bahwa tahapan musrenbang ini penting dan harus dilaksanakan oleh pemerintah desa.

"Dalam kesempatan ini saya berharap sinergitas dari semua unsur elemen masyarakat akan menumbuhkan rasa memiliki dan tentunya akan tumbuh harmonisasi yang menjadikan modal kuat dalam menata pemerintah desa sesuai dengan visi misi kepala desa, karena potensi yang dimiliki Desa Sibangkua banyak yang layak dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," 



"Kepala Desa Sibangkua Ali Amron Hutasuhut mengatakan, Musrenbang merupakan bentuk real partisipasi masyarakat untuk ikut terlibat dalam pembangunan. Dengan adanya partisipasi masyarakat, berarti masyarakat berperan aktif mengawal proses pembangunan.


Kades berharap, Musrenbang Desa tahun ini, dapat masuk ke Sistem Infomasi Pembangunan Daerah (SIPD) Tahun 2024, sehingga satu-persatu usulan masyarakat yang telah dimusyawarahkan dan disepakati, dapat terealisasikan.

Masyarakat Desa Sibangkua Kec. Angkola Barat sangat antusias menyampaikan usulannya sehingga terlihat musrenbang alot dan komunikasi timbal balik terjalin.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: