Musrenbang Desa Siuhom Tahun Anggaran 2024 Kecamatan Angkola Barat Berjalan Lancar

/ Kamis, 11 Januari 2024 / 17.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-  Pemerintah desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2024 yang di buka oleh Ketua BPD  Desa Siuhom Muhammad Arifin Dalimunthe yang  dilaksanakan di aula  Madrasyah Nurul Iman desa Siuhom Kamis  (11/01/2024).


Tampak hadir dalam Musrenbangdes Kades Siuhom Amantua Simamora, Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S.Sos, Kasi Ekbang Juni Suryani, Plt Kasi Rantib Boy Parrona Harahap,  Ketua BPD dan Anggota BPD, Perangkat Desa, Guru BTQ Perwakilan Puskemas, Perwakilan Pertanian, Babinsa, Pendamping desa,  Bhabinkamtibmas, Kepala Kampung, tokoh Masyarakat, Tokoh Adat,tokou masyarakat,  PKK Desa, Pemuda serta warga desa Siuhom dari berbagai dusun.


Dalam sambutannya Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S.Sos mengapresiasi pembangunan di desa Siuhom dan memberikan serta mengangumi semangat Kades desa Siuhom dalam membangun desa di akhir akhir periode Kades Pak Amantua Simamora.


“Saya sangat mengapresiasi semangat Pak Kepala Desa Siuhom dalam melaksanakan pembangunan di desa Siuhom di masa akhir jabatan beliau sampai pada bulan Mei tahun 2024 sebagai Kepala desa.” Ujar Camat  Angkola Barat


Lebih lanjut disampaikan Camat Angkola Barat,"  mohon kepada  peserta musrenbang  di desa ini mengusulkan yang prioritas saja.  Yang kita usulkan ini adalah APBD Kabupaten,APBD Provinsi dan APBN.  Makanya saya berdoa kepada  Allah SWT agar usulan kita yang prioritas ditampung anggarannya," harap Camat.


Nanti di Musrenbang tingkat Kecamatan akan datang  Para OPD Di Jajaran Pemkab Tapsel untuk melihat usulan usulan kita ini. Saya bermohon Pak Kades, satu orang utusan warga masyarakat dibawa pada saat musrenbang Kecamatan," ucap Camat.



Kepala Desa Siuhom Amantua Simamora saat memberikan pengarahan menuturkan  kami dari Pemerintah Desa Siuhom mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Camat, bhabinkamtibmas, babinsa, Ketua BPD dan seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam acara musrenbang ini. 


Disampaikan Kepala Desa Siuhom," bahwa usulan kita ini akan diteruskan ke Musrenbang Kecamatan, musrenbang Kabupaten, musrenbang Provinsi dan nasional. Musrenbang Desa ini adalah dasar Pemerintah untuk membangun di Desa kita ini. Artinya usulan itu bottom up atau dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah," ujar Kades.


Anggaran pembangunan itu bisa bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi , APBN maupun dari dana desa.  Disampaikan  Kades," bahwa  Usulan kita ini semua akan diinput oleh operator.  Kami berharap kepada Bapak Camat untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta musrenbang," harapnya.


Lebih lanjut Kades Siuhom  menyampaikan bahwa Musrenbangdes merupakan forum musyawarah perencanaan pembangunan desa yang diselenggarakan secara partisipatif oleh pemerintah desa, BPD, lembaga desa, unsur masyarakat, dan unsur pemerintah daerah.


"Musrenbangdes ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam rangka penyusunan RKPDes dan DURKP," kata Amantua Simamora.

Selanjutnya komunikasi timbal balik antara Nara sumber yaitu Kepala Desa, Pendamping desa, Ketua BPD dengan  peserta musrenbangdes. Masing masing peserta musrenbang desa mengusulkan usulannya pada acara musrenbang desa Siuhom Kec. Angkola Barat. 

Pantauan awak media online musrenbnng desa Siuhom Kec. Angkola Barat berjalan aman dqn lancar.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: