RKPD Sumut 2025, Bupati Samosir Usulkan Penanganan Jalan Provinsi

/ Selasa, 16 Januari 2024 / 19.27.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Pada acara Pra Musrembang RKPD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dilaksanakan di Hotel Sibayak Kabupaten Karo,  Selas (16/01),  Bupati Samosir Vandiko Gultom mengusulkan agara jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Samosir diperbaiki, sehingga layak dan nyaman untuk dilalui. 

Di Kabupaten Samosir terdapat 3 ruas jalan Provinsi dan sangat perlu mendapat perhatian lanjutan dari Provinsi Sumatera Utara. Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, namun jalan tersebut juga merupakan akses penghubung antar kecamatan dan antar Kabupaten. Ketiga ruas jalan provinsi tersebut diantaranya ruas jalan Sp. Gotting-Janji Raja, ruas jalan Simarmata-Sinapuran dan Palipi-Parmonangan. Kata Vandiko. 

Dikatakan Vandiko, Pembangunan ketiga ruas jalan itu juga adalah untuk mendukung visi pembangunan Provinsi Sumatera Utara "Sumatera Utara Unggul Maju dan berkelanjutan" dan visi Indonesia Emas 2045 "Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan", dan juga danau Toba sebagai salah satu KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional). 

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir juga mengusulkan bantuan Bioflok bagi petani ikan yang terdampak akibat penertiban KJA, bantuan alat pertanian untuk pembuatan pupuk organik, sekolah SMA unggulan untuk menunjang sektor pendidikan.

"Kami siap bersinergi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Sumut 2025 . Semoga usulan kami dapat diakomodir, atas dukungan Sumut ke Samosir, semoga Sumut semakin baik dan seluruh kabupaten/kota semakin sejahtera" tandas Vandiko. 

Vandiko juga memaparka capaian makro pembangunan di Kabupaten Samosir, mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,83 persen, penurunan angka kemiskinan 0,11 poin, sampai ke pertumbuhan pendapatan perkapita sebesar 7,36 persen

Pada sambutannya sebelum membuka pra Musrenbang, Pj. Gubsu Hassanudin mengajak seluruh kabupaten/ kota menyinkronkan program prioritas sejalan dengan program pusat, meninggalkan ego sektoral dan kewilayahan. 

"Program pusat sampai ke daerah harus diintegrasikan sehingga seluruh sasaran mudah untuk dicapai. Masing-masing zona juga harus saling terintegrasi", katanya. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: