Samosir Menjadi Lokus Utama KKN USU Bersama Internasional

/ Senin, 29 Januari 2024 / 19.37.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Tindak lanjut dari Penandatanganan MoU antara Bupati Samosir dengan Rektor USU beberapa waktu lalu, Kabupaten Samosir menjadi tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) USU (Universitas Sumatera Utara) Bersama Internasional. 

Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USU, Rudy Sofyan dalam Audiensi yang diterima langsung oleh Bupati Samosir Senin (29/01) di Rianiate Kantor Bupati Samosir. 

Dijelaskan Rudy, melalui lembaga pengabdian masyarakat USU telah mendapat mandat dari Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) untuk pelaksanaan KKN bersama Internasional dan memilih Samosir sebagai lokus utama. 

Selain diikuti PTN wilayah barat, juga akan mendatangkan mahasiswa luar Negeri yang rencananya akan ditempatkan pada 8 desa di Samosir dan 2 lokasi di Karo dengan jumlah ± 100 mahasiswa perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi dan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2024.

"Kami tetap mengharapkan koordinasi yang baik dengan Pemkab Samosir tentang penempatan mahasiswa ini sehingga sesuai dengan kebutuhan pemerintah maupun masyarakat" kata Rudi

Bupati Samosir Vandiko Gultom menyambut hangat dan menyampaikan terima kasih kepada USU yang telah memilih Kabupaten Samosir menjadi lokus utama sebagai tindak lanjut pengembangan SDM sesuai dengan kesepakatan dalam MoU beberapa waktu lalu. 

Dalam program itu, Vandiko berharap kedua belah pihak hendaknya sama-sama mendapatkan manfaat, baik mahasiswa maupun Pemkab Samosir/masyarakat mendapat ilmu yang diterapkan.  Untuk itu ia meminta agar basic mahasiswa KKN disesuaikan dengan kebutuhan desa sehingga dapat maksimal dalam menggali potensi maupun sumber daya yang ada sesuai dengan plan desa. 

"Dalam penempatan mahasiswa KKN perlu koordinasi dengan Pemerintah Daerah sehingga pemilihan lokasi dapat diatur dan kehadiran mahasiswa benar-benar membawa dampak yang baik bagi masyarakat" kata Vandiko mengakhiri. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: