Bawaslu Samosir Minta Partisipatif Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu

/ Jumat, 09 Februari 2024 / 15.43.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Bawaslu Kabupaten Samosir meminta agar masyarakat Samosir ikut berpartisipasi dalam  pengawasan pada pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung pada Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti. 

Demikian disampaikan ketua Bawaslu Kabupaten Samosir Robinson Simarmata Jumat (09/02) di Hotel JTS Parbaba pada sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pada Pemilu 2024. "Dengan Keterbatasan jumlah anggota Bawaslu, maka kami minta agar masyarakat ikut berpartisipasi pada pengawasan". 

Dijelaskan Robinson, potensi pelanggaran pemilu kemungkinan bisa terjadi di peserta pemilu, penyelenggara pemilu, dan bisa juga para pejabat. Untuk itu mari kita sama sama melakukan pengawasan agar Pemilu ini berjalan jujur dan adil. 

"Khususnya di masa tenang nanti, banyak modus yang dibuat, adalah melalui acara adat, ada juga melalui acara keagamaan. Kalau ada kita temukan seperti itu maka laporkan kepada kami, maka kami akan melakukan tindakan". Kata Robinson. 

Untuk memastikan pendistribusian logistik, Robinson menjelaskan pihaknya akan patroli melakukan pengawasan untuk memastikan logistik tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat jenis.

Anggota Bawaslu Jonsen Situmorang, yang membidangi divisi hukum dan pencegahan menjelaskan partisipatif masyarakat itu juga salah satunya adalah sosialisasi pendidikan politik, untuk mensukseskan pemilu nanti. 

Kasat Intel Polres Samosir, mengatakan bahwa Pihak Kepolisian khususnya Polres Samosir siap melakukan pengawasan agar Pemilu nanti berjalan sukses. Mulai dari pengawasan di KPU, Bawaslu, dan persiapan pendistribusian logistik sampai pengamanan di setiap TPS. 

Acara sosialisasi itu dihadiri para Organisasi keagamaan, Organisasi Wartawan, Ormas dan lainnya. Sementara materi pembahasan disampai oleh Bawaslu sendiri dan Kapolres Samosir melalui Kabag OPS Kompol Hasan. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: