Dihadiri Pemateri Tingkat Nasional, In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 2 Siabu Berjalan Lancar

/ Minggu, 18 Februari 2024 / 12.09.00 WIB

Ka.Cabdisdik Wilayah XI Yang Diwakili Kasi SMA/PK M.Ahyar Nasution M.Pd buka IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Siabu 

POSKOTASUMATERA.COM-MADINA-Dihadiri Pemateri Tingkat Nasional Imam Kusnoddin M. Pd, In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Dengan Tema menjadi guru Kreatif dan Inovatif   mengenai Pembelajaran dan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Siabu yang bertempat si Jl.Aek Tombang No. 01, Sihepeng, Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal Prov. Sumatera berjalan aman dan lancar.

Kegiatan IHT ini merupakan agenda rutin sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa yang  bertempat di aula SMA Negeri  2 Siabu selama dua hari  yaitu Sabtu dan minggu (17-18 Februari 2024).


Peserta dalam kegiatan House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Siswa/i SMAN 2 Siabu, Guru guru SMAN 2 Siabu, Utusan Siswa/i SMPN 2 Siabu, Utusan Siswa MTs, Utusan Siswa SMPN 1 Siabu, Utusan  Guru SMPN 2 Siabu, Utusan Siswa/i SMPN 1 Siabu dan Utusan Guru MTs Siabu dan undangan lainnya.


Ka.Cabdisdik Wilatah XI Drs.Oloan Nasution yang diwakili Kasi SMA/PK  M.Ahyar Nasution M.Pd dalam arahannya sekaligus membuka House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka  antara lain menyampaikan  saya cukup bangga kepada Bapak Sulaiman Saleh Harahap S.Kom yang telah banyak membuat inovasi di sekolah ini  salah satunya  Sekolah ini yang pertama sekali di Cabdisdik Wilayah XI bahkan  Prov.Sumatera Utara menggunakan mesin absensi sidik jari atau fingerprint  yang langsung terhubung ke  Whatsapp Orangtua siswa. 


Kepala Sekolah dan gurunya sudah Inovatif dan  siswanya  sudah Kreatif inilah yang kita harapkan untuk membangun bangsa ini. Kemudian kepada Bapak Ketua Komite Sekolah ini sangat kita harapkan kerjasamanya untuk membangun sekolah .yang kita cintai," harap M.Ahyar Nasution M.Pd.



Saya  menyampaikan kepada Ketua Komite Sekolah sebagai perwakilan orangtua siswa  untuk memenuhi kebutuhan pelajar yang ada di sekolah  ini seyogianya satu siswa untuk tingkat SMA harus ada minimal anggarannya Rp 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah) untuk satu tahun.



Sementara dana bos yang diberikan Pemerintah belum mencukupi untuk kebutuhan anak kita, peran orangtua sangat dibutuhkan  untuk memenuhi kebutuhan anak kita di Sekolah ini," harap Kasi SMA/PK.




Lebih lanjut disampaikannya," diharapkan siswa/i SMAN 2 Siabu agar lebih Inovatif dan kreatif. Lulusan SMA  itu disiapkan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi bukan untuk bekerja. Kalau anak kami mau bekerja seharusnya di SMK. Mari berjuang, kalau kita mau sekolah pasti ada rezekinya, jangan takut tidak makan," harap M.Ahyar Nasution.




Di Kabupaten Mandailing Natal ini ada Jenderal besar Abdul Haris Nasution. Banyak lagi  warga Mandailing Natak ini yang berhasil  seperti 
Prof. Dr. Todung Mulya Lubis SH pengacara Handal dari Pakantan, Coba buka youtube di HP ananda siapa orang orang hebat di Mandailing Natal.Jadi Anandapun harus bertekad menjadi orang hebat sampai tingkat nasional," pungkasnya.


Mulailah saat ini ubahlah cara pikiran kita, kalau yang bercinta cinta itu tak ada gunanya. Menikah di usia dini mengakibatkan kesengsaraan," ujarnya.


Saya berharap kepada ananda dan guru guru untuk mendengarkan pemateri tingkat  nasional Bapak Imam 
Kusnoddin M.Pd yang telah hadir di SMAN 2 Siabu. Akhirnya Dengan mengharap Ridho Allah SWT dengan mengucapkan  bismilahirrohmanirrohim akhirnya dengan mengharap Ridho Allah SWT dengan mengucapkan bismilahirroanirrohim
In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka secara resmi saya buka.


"Sebelumnya Kepala SMAN 2 Siabu Sulaiman Saleh Harahap S.Kom menyampaikan  saat ini kita perang dalam bentuk teknologi, karena setiap proses teknologi pasti ada  dua mata sisi yaitu positif dan  ada negatif. Persoalannya dominasi mana yang lebih kau gunakan, kalau dirimu bermain game untuk mengisi kekosongan atau menghilangkan kebosanan silahkan. Tapi ternyata game itu yang mengatur waktunya mulai bangun tidur sampai tidur lagi akan bermasalah  dalam lebidupanmu sebagai pelajar.



Saya mengharuskan siswa/i untuk menguasai teknologi dalam mengikuti kegiatan proses belajar karena zamannya sekarang sudah serba teknologi digital.


Lebih lanjut disampaikannya,"  saya mau siswa/i SMAN 2 Siabu begitu dipanggil namanya  jawabannya siap bisa  Pak, siap bisa  bu.  Menurut saya yang namanya belajar itu harus dipaksakan, saya mau masa depan anak anakku bisa dilalui dengan baik  dan  prestasi bisa menjadi yang terbaik.  




Masa mudamu tidak akan pernah terulang lagi, apa yang sudah kau lewati tidak pernah akan bisa kau kembali. Jadi ananda semua asah keterampilanmu, asahlah waktunya dan asahlah pengetahuanmu. Setiap jumpa dengan gurumu ucapkanlah salam,  mau selamat pagi, mau salam keagamaan silahkan. Terimakasih kepada siswa kami yang sudah konsisten ucapkan salam. Yang belum kembalilah kejalan yang benar," ucap Kasek.


Kegiatan  House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Siabu bukan kegiatan pertama dilaksanakan, tapi sudah berulangkali," ujar Kasek SMAN 2 Siabu.




Informasi kepada Bapak Kacabdisdik Wilayah XI melalui Pak Kasi SMA/ PK hari Senin dan Selasa kemarin ada seleksi penerimaan Mahasiswa baru untuk Universitas Nasional YAPIM  Bandung. Dinyatakan tim seleksi bagi siswa yang lulus tempat tinggal gratis , makan gratis, dapat uang saku. Dan yang berminat  di sekolah ini hanya 30  orang," ucap Kasek.


Disampaikan Sulaiman Saleh Harahap diharapkan siswa/i  tidak banyak berkata tapi banyak berbuat, tidak banyak gaya tapi banyak  karya.



Dengan kegiatan ini asah keterampilanmu untuk bisa menyiapkan dirimu  menghadapi  kehidupan yang sebenarnya,  kalau putus cinta di SMA belum berarti dunia mau runtuh, sekarang tugasmu adalah belajar. Tak usah pusing dibilang jomblo buktikan 5 tahun  lagi kamu berhasil menjadi sarjana yang berprestasi," harap Kasek.



Kepala SMAN 2 Siabu Sulaiman Saleh Harahap S.Kon berharap kepada Kacabdsdik Wilayah XI ynng diwakili Kasi SMA/PK untuk memberikan bimbingan sekaligus  membuka acara ini secara resmi.



Selanjutnya Ketua Komite Sekolah Ilwan Sakti Hasibuan dalam arahannya antara lain menyampaikan," rasa bangga dan terimakaaih kami  ucapkan kepada Bapak Kepala  Sekolah dan guru guru yang telah membuat  gagasan dan terobosan terobosan baru di SMAN 2 Siabu dalam peningkatan mutu, disiplin dan  tim  work (kerjasama) yang  sudah dibangun selama ini. Mudah mudahan kebersamaan, kekompakan ini terus kita pertahankan dan terus kita tingkatkan di hari hari yang akan datang. 

Didalam in house training  kami dari Komite Sekolah berharap kepada peserta untuk kita ambil ilmu yang bermanfaat sehingga nanti dapat kita Implementasikan Kurikulum  Merdeka ini didalam kegiatan kita sehari hari dalam proses belajar mengajar di kelas," harapnya.



Kami dari Komite sangat berharap nilai dari hasil seperti ini tentu kami harapkan khususnya perubahan perubahan  Pendidikan di SMAN 2 Siabu . Dan anak anak kita yang menjadi  peserta didik  dapat memahami dan bisa meningkatkan cara belajar dari proses Implementasi Kurikulum Merdeka," pungkas Komite Sekolah



Lebih lanjut disampaikannya," tentu saya mewakili  orang tua  merasa bangga dimana mana tak hentinya pihak sekolah meningkatkan pelatihan demi meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 2 Siabu. 



Memulai hal yang baru itu perlu juga dengan kesabaran, perlu perlu niat yang baik. Kalau tidak ada kesabaran  niat yang baik  memulai hal yang baru dengan niat yang positif tentu nanti apa yang kita perjuangan dan apa yang kita perbuat, tentunya akan menjadi sia sia," ujarnya.



Jadi nilai nilai sabar yang perlu kita tanaman pada diri kita walau seberat apapun, walau bentuk apapun rintangan apa yang kita hadapi. Apa lagi kita berada di era globalisasi yang serba  bentuk  digital semua. Dalam pendidikanpun digital, siswapun memakai digital.  Kita harus bersatu jangan ada diantara kita  yang beranggapan bahwa digital ini beban," ujarnya.



Pemateri Tingkat Nasional Imam Kusnoddin M. Pd  dengan tema menjadi pemimpin Handal masa depan dalam arahannya antara lain menyampaikan," luar biasa kepada Komite Sekolah,  Kepala Sekolah kita ini tidak takut berinovasi dan tidak takut berkerativitas, karena di back up oleh Komite Sekolah. 



Disampaikannya," Anak anak sekolah kalau mau sukses selagi disekolah ini sibukkan saja dirimu,  belajar apapun. Seperti belajar bela diri, silat, karate, taekwondo, kumpu da lain sebaginya. Seterusnya anak anak kami aktif di organisasi, seperti organisasi remaja masjid,  bagi umat kristiani organisasi gereja. Organisasi sekolah  seperti Osis, MR, Pramuka, Paskibra. 



Bagi anak anak kami siswa/i SMP dan MTs yang hadir di acara ini tolong imbaskan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini kepada kawan kawannya yang tidak hadir," harapnya.


Selama dua hari IHT, selain penyampaian materi oleh para pembicara juga diselingi diskusi dan tanya jawab dan mendengarkan lagu lagu. Pematerian yang menarik membuat para guru dan siswa  bersemangat untuk lebih memahami materi dan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang terjadi dalam pembelajaran. Diharapkan dari kegiatan ini, para pendidik dapat menginplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai esensinya dan dapat menerapkan di kelas agar peserta didik dapat belajar dengan bahagia. 


Turut hadir dalam acara tersebut Kacabdisdik Wilayah XI Yang Diwakili Kasi SMA/PK M.Ahyar Nasution M.Pd, Kepala SMAN 2 Siabu Sulaiman Saleh Harahap S.Kom, Ketua Komite Sekolah Irwan Sakti Hasibuan, Siswa SMAN 2 Siabu, Utusan Siswa SMPN 2 Siabu, Utusan MTs, Utusan Guru SMPN 2 Siabu, Utusan Guru MTs dan Utusan Guru SMPN 1 Siabu dan Undangan  lainnya.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: