Musrenbang RKPD Kecamatan Muara Batang Toru Untuk Tahun Anggaran 2025 Berjalan Aman Lancar.

/ Rabu, 07 Februari 2024 / 16.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Musrenbang RKPD Kecamatan Muara Batangtoru tahun anggaran 2025 yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Rabu (7/2-2024)  Berjalan aman dan lancar.



Turut hadir dalam acara musrenbang RKPD Kecamatan Muara Batang Toru  Bupati Tapsel  H.Dolly Pasaribu S.Pt Yang diwakili Kadis Perindustrian Zulfahmi, BAPPEDA Tapsel, Camat Muara Batangtoru,  Unsur Forkopincam, Kaposek yang diwakili Bhabinkamtibmas, Danramil Batang Toru yang diwakili Babinsa, Pimpinan OPD Dinas Instansi Terkait, Kepala Desa/Lurah, Ketua TP.PKK Kecamatan Muara Batang Toru, Tokoh masyarakat,Tokoh agama, Forum Anak, Kepala Sekolah, BPD, MUI Kecamatan, KUA Kecamatan Awak media dan undangan lainnya.


Camat Kecamatan Muara Batangtoru Faisal Chandra Hasan Harahap S.AP M.Si dalam arahannya antara lain menyampaikan terimakasih kepada Bapak Kepala Desa/Lurah yang telah menyelesaikan musrenbang di wilayah masing-masing terlebih dahulu. Dari beberapa usulan usulan tentulah kita melihat skala prioritas yang mana yang kita dahulukan. 


Tentu usulan Bapak/Ibu dari Desa dan kelurahan tidaklah serta merta semua usulan kita  tampung dari dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk anggaran yang tidak tertampung dari APBD kita akan upayakan ditampung dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa  dan Alokasi Dana Kelurahan, dan dari Pihak Perusahaan yang ada disekitar Kecamatan Muara Batang Toru" ucap Camat Faisal Candra Hasan SAP M.Si.


Untuk Alokasi Kelurahan Bupati Tapanuli Selatan Bapak H.Dolly Pasaribu S.Pt MM untuk terus mengupayakan adanya peningkatan dari setiap Tahunnya sesuai kemampuan Anggaran APBD Tapsel. 


Patut kita bersyukur di Kecamatan Muara Batangtoru masih ada perusahaan yang membantu kita untuk  penanganan Pembangunan baik infrastruktur, Kesehatan, pemberdayaan masyarakat. Artinya pembangunan di suatu daerah itulah tidak dilaksanakan oleh Pemerintah saja tetapi perlu kerjasama antar masyarakat, Pemerintah dan pihak swasta," beber Camat.


Lebih lanjut disampaikan Camat Faisal Candra Hasan S.AP M.Si  terkait apa yang sudah dilaksanakan PT.AR di wilayah Kecamatan Muara Batang Toru  di tahun 2023 ini alhamdulillah  meskipun tidak langsung secara bertahap tidak hanya Desa binaan atau lingkar tambang tetapi sudah mencakup di seluruh wilayah Kecamatan Muara Batang Toru. Tetapi tidak serta mertalah semua secara langsung akan tetapi secara bertahap kita upayakan sentuhan sentuhan yang menyeluruh di wilayah Kecamatan Muara Batangtoru. 



Bupati Tapanuli Selatan Bapak  H.Dolly  Pasaribu SPT MM terus berupaya memberikan saran dan  masukan kepada PT AR  untuk  membantu seluruh  wilayah  Kabupaten Tapanuli Selatan. Makanya pengobatan gratis dari PT AR sudah dilaksanakan sampai Ke Kecamatan Aek Bilah,  sudah sampai Ke Kecamatan Angkola Barat, Kecamatan Sipirok, dan melaksanakan operasi Katarak di Rumah Sakit Bhyangkara  Batangtoru bagi seluruh warga masyarakat," pungkas Camat


Untuk  Pembangunan Infrastruktur  di seluruh wilayah   Kecamatan Muara Batangtoru,   PT.AR mengalokasikan Anggaran  tahun 2023 sebanyak lebih kurang  Dua milyard empat ratus juta rupiah.  Selain itu Pembangunan Infrastruktur PT.AR juga memberikan bantuan  pendidikan yaitu bimbingan belajar secara gratis masuk ke Perguruan Tinggi Negeri unggulan, program martabe juga lumayan cukup banyak dari Kecamatan Muara Batang Toru banyak yang dibantu, begitu juga  pelatihan pelatihan untuk kader kesehatan dan kader Desa, program remaja sehat, dan untuk anak gizi kurang," pungkas Camat.


Kemudian untuk Bumdes yang ada di Kecamatan Muara Batangtoru  ini selama tahun 2023 mereka sudah mendapatkan keuntungan Rp 22 Juta. Khusus untuk UMKM untuk usaha ekonomi menengah, pegusaha,  kelompok kelompok tani, selama tahun 2023  sudah mendapatkan bantuan senilai Rp 300 Juta lebih dari PT AR.  Pungkas Camat dengan semangat. 


Kalau semua total anggarannya yang diberikan PT AR  ke Kecamatan Muara Batang Toru  yaitu sebanyak Rp 2, 7 Milyard itupun belum dihitung PT AR yang melaksanakan pelatihan pelatihan. Berarti kalau dihitung ada lebih kurang Rp 3 Milyard," beber Camat.


Seterunya Camat berharap kepada Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu yang diwakili Kadis Perindustrian untuk memberikan bimbingan sekaligus membuka acara  musrenbang RKPD  Kecamatan Muara Batangtoru secara resmi.


Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu S.Pt MM  yang diwakili Kadis Perindustrian Zulfahmi antara lain menyampaikan titip salam dan permohonan Pak Bupati tidak bisa hadir dalam acara musrenbang ini karena acara Pak Bupati cukup padat.


Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu S. Pt  menyampaikan bahwa pembahasan usulan kegiatan yang akan diajukan untuk dibiayai dari APBD Kabupaten Tapanuli Selatan agar dimusyawarahkan lebih dahulu  secara arif dan bijaksana dan selektif dengan mempertimbangkan berbagai faktor penerima manfaat. 


 Untuk penanggulangan kemiskinan agar menjadi hal  prioritas, kesejahteraan sosial dilakukan  secara terpadu bersinergi dan berkesinambungan. Kemudian sesuai Permendagri Nomor 86 tahun 2003 khususnya Pasal 9  ayat 1 menyebutkan bahwa musrenbang RKPD  Kab/Kota di Kecamatan  merupakan forum pembahasan hasil daftar  usulan desa/kelurahan di lingkup Kecamatan. 


Acara musrenbang Kecamatan Muara Batangtoru ditandai dengan pembacaan proyek Pembangunan oleh Bappeda Tapanuli Selatan yang akan dilaksanakan tahun 2024  ini.


Seterusnya acara ekepose oleh masing masing OPD dan peserta musrenbang. Musrenbang Kecamatan  Muarabang Toru berjalan aman dan  lancar.

Di tempat terpisah Kepala Desa Tarapung Raya Rahmad Efendi Pulungan menyampaikan apresiasi kepada Camat Muara Batangtoru Faisql Candra Hasan SAP M. Si yang terus memberikan pembinaan ke Desa Kami dalam hal mengaktualisasikan visi misi Pemkab Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan H. Dolly Pasaribu S. Pt MM yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat,  cerdas dan sejahtera. Tenti masyarakat harus kompak untuk mewujudkan Pembangunan yang berkelanjutan, " harap Kades. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: