Sosok Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, MS.I.,Ph.D, Cocok di Pinang Partai Menjadi Bakal Calon Bupati Labuhanbatu

/ Senin, 26 Februari 2024 / 00.07.00 WIB
Foto : Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, MS.I.,Ph.D, 
POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024 ini, baru ada 2 sosok yang menonjolkan diri ke publik. Diantaranya, Faisal Amri Siregar ST, dan H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.,MT. Siapa lagi yang bakal maju dalam kontes panggung Pilkada nantinya.

Dari kedua sosok tersebut, masih ada satu sosok yang sempat di orbitkan 2 media Siber nasional sewaktu hangat-hangatnya ucapan mantan Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga yang saat ini berstatus tersangka kasus dugaan suap fee proyek oleh KPK RI, menyebutkan melawan kotak kosong, dan seakan - akan menuturkan, tidak ada lawan tanding dirinya (Erik Adtrada) di Pilkada Kabupaten Labuhanbatu 2024 saat pelantikan Kepengurusan KNPI Labuhanbatu. 

Sosok tersebut sempat juga di orbitkan poskotasumatera.com dalam kontes artikel dua sosok berpeluang besar menang dalam Pilkada 2024. Dan ternyata, sosok ini juga menjadi perhitungan Erik Adtrada (tersangka kasus korupsi) sewaktu masih menjabat Bupati. Sampai - sampai, Erik Adtrada Ritonga mengutus orang untuk menemui sosok tersebut dan akan menjadi calon wakilnya di Pilkada 2024. 

Selain Erik Adtrada, sosok ini juga menjadi lawan tanding berat bagi mereka yang ingin maju dalam Pilkada Kabupaten Labuhanbatu. Digadang - gadang cerita para tokoh masyarakat dan pemuda di Kabupaten Labuhanbatu, Faisal Amri Siregar bila di dampingkan dengan sosok ini, maka dalam Pilkada 2024, akan meraih suara banyak dan menang cukup 1 putaran.

Sosok ini adalah Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, MS.i, pH.D. Sosok ini merupakan akedimisi Indonesia yang menjabat sebagai Rektor Universitas Labuhanbatu (ULB) periode 2019-2024. Sebelum menjabat Rektor, Ade Parlaungan menjabat sebagai Wakil Rektor I di Bidang Akademika di Universitas Riau Kepulauan di kota Batam.

Menurut informasi yang diperoleh, Ade Parlaungan Nasution merupakan sosok yang berprestasi diluar tanah kelahirannya. Salah satu prestasinya yaitu, menerima penghargaan Anugerah Batam Madani dari Pemerintah Kota Batam sebagai tokoh pendidikan kota Batam pada puncak peringatan hari jadi kota Batam ke-187 tahun. (Sumber wikipedia).

Sejarah singkat Ade Parlaungan, dari mulai Mahasiswa, tercatat Ade Parlaungan pernah menjabat wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang kota Bogor. Kemudian, menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas IBN Khaldun Bogor. Ade Parlaungan sempat menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Mahasiswa "SUARA MAHASISWA" di kota Bogor dan Jawa Barat.

Disamping menggeluti dunia kampus, Ade Parlaungan Nasution juga terlibat dalam persoalan ketenaga kerjaan. Terutama dalam memperjuangkan hak normatif buruh. Baik di kota Batam Kepulauan Riau, maupun di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Selain itu, Ade juga berminat dalam persoalan agraria, dan kebudayaan Melayu. 

Karena keinginannya tersebut, Ade Parlaungan dikenal sebagai tokoh budaya yang kerap mengisi seminar, talkshow, maslah kebudayaan dan berkampanye melestarikan budaya Melayu. 

Dalam penilaian kacamatanya, yang sebelumnya telah bertekad mengabdi di tanah kelahiran mendedikasikan diri dalam dunia pendidikan dan meneruskan perjuangan orang tuanya yang mendirikan Kampus Universitas Labuhanbatu, dia melihat masih banyak yang perlu dilakukan untuk membangun Kabupaten Labuhanbatu maju dan sejahtera. Menurut Ade Parlaungan, perlu dilakukan merubah pola pikir dan peradaban intelektual masyarakat. 

Salah satu dobrakan Ade Parlaungan dalam penilaian dari kacamatanya tersebut yakni, telah tercatat sebagai salah satu penggagas kesadaran literasi dengan berbagai kegiatan perpustakaan desa di sejumlah desa di tiga kabupaten (Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan). Ade juga sempat membuka diskusi - diskusi dan debat mengenai topik - topik peradaban dan intelektual dikalangan mahasiswa dan generasi muda. 

Kemudian, terkait permasalahan agraria, Ade Parlaungan Nasution bersama rekan - rekannya mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Agraria Labuhanbatu. LBH nya tersebut telah berjalan, dan sudah menyelesaikan kasus ketenaga kerjaan dan menyelesaikan kasus agraria bersama Kelompok Tani (Koptan) Marbau Selatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dari informasi yang dihimpun beberapa hari ini, Ade Parlaungan Nasution dikabarkan bulan Februari 2024 akan deklarasi maju dalam Pilkada 2024. Namun, hingga menuju di penghujung bulan Februari, belum ada tanda - tanda. Apakah Ade Parlaungan dipinang sebagai Calon Wakil Bupati, atau Meminang sosok atau figur untuk dijadikan Calon Wakil Bupatinya ?. 

Menurut penuturan Rizal Gultom SH, Kepala Bidang Hukum, Politik dan HAM DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Lembaga Peduli dan Pemantau Pembangunan (LP3), Ade Parlaungan Nasution menjadi perhitungan dalam catur politik. Sebab, basic dunia pendidikan itu cukup luas. Apalagi, pengalamannya itu. Menjadi sebuah "momok" bagi lawan politik jika benar maju dalam Pilkada 2024. 

"Saya rasa, para pengurus partai sudah ketemu sosok yang harus di usung nanti di Pilkada. Ya, ini Bung Ade Parlaungan Nasution, segeralah partai meminangnya untuk menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Labuhanbatu. Bung Ade Parlaungan track recordnya bagus, memiliki prestasi diluar daerah, bersih, dan seorang pemikir itu sudah pasti cerdas,"ujarnya. (PS/Sugianto)
Komentar Anda

Terkini: