Disdiksu Apresiasi dan Penghargaan Kepada PT Agincourt Resoursces, BBPPMP V , SMKN 1 Batangtoru Dan SMKN 1 Muara Batangtoru

/ Jumat, 08 Maret 2024 / 23.53.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pengelola Tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources (PT AR), Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Kemendikbudristek, SMKN 1 Batangtoru dan SMKN 1 Muara Batangtoru selaku Sekolah Pertanian Terpadu di Tapanuli Selatan.




“Kedua sekolah yang beruntung tersebut,” ujar Kadis Pendidikan Provsu Ir Abdul Haris Lubis MSi melalui Kabid Pembinaan SMK Dr Suhendri MA pada Ekspose hasil Pendampingan serta hasil Teaching Factory (TEFA) kegiatan SMKN 1 Batangtoru dan SMKN 1 Muara Batangtoru di Aula Amir Hamzah Disdik Provsu, Jumat (8/3/2024).



Kegiatan ekspose tersebut turut dihadiri Kepala BBPPMPV Dr Yusuf ST MT, Community Development Manager PT AR Rohani Simbolon dan perwakilan bidang SMA dan SMK Disdik Provsu, kepala sekolah dan lainnya.

Di bagian lain Kabid juga berharap agar PT AR terus memberikan perhatiannya kepada sekolah-sekolah di seputar perusahaannya.

Tidak hanya tingkat SMK semata, tapi juga sekolah tingkat SMA juga banyak terdapat di daerah Tapsel, khususnya yang berada di ring keberadaan PT AR. 

“Sekecil apapun kontribusi yang dibuat oleh SMK, itu adalah demi kemajuan negara,” ujar Suhendri.

Sementara Dr Yusuf ST MT selaku Kepala BBPPMPV Pertanian Cianjur, Jawa Barat mengemukakan, kerja sama dengan PT AR ini merupakan tahun kedua untuk program pengembangan SMK pertanian. Fokus pengembangan pada tahun ini adalah teaching factory dan peningkatan kompetensi guru produktif.



“Adapun jurusan yang dikerjasamakan dalam program ini adalah Agribisnis tanaman perkebunan (ATP), Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) serta Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).

Sebelumnya, Community Development Manager PT AR Rohani Simbolon mengatakan,program pengembangan SMK Pertanian di Tapsel merupakan yang pertama se-Sumatera Utara.

Ia menekankan, pendidikan adalah kunci pembangunan masyarakat yang berkelanjutan dan penting bagi aspirasi masyarakat setempat.


“Dengan dukungan PT AR, pemerintah, dan keseriusan sekolah, program pengembangan SMK Pertanian dapat mencetak lulusan berkualitas tinggi di sektor pertanian yang dapat menjadi aset daerah. 


Kami yakin program ini akan membantu mempersiapkan SMK Pertanian Terpadu untuk menjadi sentra pendidikan dan pelatihan vokasi bidang pertanian, khususnya di Tapsel,” tuturnya.



Rohani menyampaikan, program pengembangan SMK Pertanian merupakan wujud dukungan PT AR menyokong program pemerintah dalam mengembangkan pendidikan kejuruan yang selaras dengan kompetensi kebutuhan pengguna lulusan, yakni dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDI).



Selanjutnya Kepala SMKN 1 Batang Toru Hamonangan Harahap MA   menyampaikan terimakasih kepada PT  AR, BBPPMPV Pertanian-Cianjur, dukungan Dinas Pendd.Provsu dan Cabdis Pendidikan .Wil.XI atas dukungan dan kerjasamnya sehingga bisa Ekspose Program Pengembangan SMK Pertanian Terpadu SMK Negeri 1 Batangtoru  di Aula Amir Hamzah Dinas Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.(PS/BERMAWi)


Komentar Anda

Terkini: