Mantap, Keluarga Besar SMAN 1 Arse Bersihkan Pemakaman Umum Jelang Bulan Puasa Ramadhan, Kacabdisdik Wilayah XI Berikan Apresasi

/ Sabtu, 09 Maret 2024 / 15.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Jelang Bulan Puasa Ramadhan, Keluarga besar  Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Arse  yang terdiri dari Guru dan Siswa Siswi  Baik yang bersama Islam dan Nasrani melakukan gotong royong dengan membersihkan pemakaman umum  Sabtu (9/3-2024 )  mulai jam 09 s/d Jam 12.00 Wib. 



Gotong royong  pekuburan/ Pemakaman dilaksanakan disekitaran kecamatan Arse 
1.Desa pinagar
2.Jonggol Jae
3.Lumban Lobu
4.Kelurahan Arse Nauli
5.Arse Jae Dolok
6.Pagaran Pisang
7.Hanopan
8.Huta Padang
9.Lancat Julu
10.Lancat Jae
11.Sipogu


Para siswa datang ke pemakaman  dengan membawa peralatan kebersihan seperti sapu, Cangkul, Parang   dan peralatan lainnya. Mereka dengan antusias membersihkan makam dengan mencabut rumput-rumput liar, memangkas ranting pohon, mencangkul rumput rumput liar, membersihkan daun-daun dan mengambil sampah yang ada disekitar makam. Tak hanya membersihkan makam, para siswa juga ikut mendo’akan kaum muslimin yang dikuburkan disana.



"Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Arse Imam Praja M.Pd usai gotong Royong kepada awak media online Sabtu (9/03-2024).


Imam Praja M.Pd  menjelaskan selain untuk mengajarkan kebersihan kepada siswa, kegiatan tersebut juga agar siswa menjadi lebih peduli dan sadar, setiap yang masih hidup mempunyai tanggung jawab untuk merawat makam baik keluarga maupun orang lain secara umum.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa ikatan keluarga tidak akan putus meski sudah meninggal dunia, kita yang masih hidup bisa mendo’akan, ziarah dan merawat makam keluarga yang telah meninggal dunia,” tambahnya.



Selanjutnya dituturkannya,  pihak Sekolah ingin mengajarkan siswa bahwa kita semua pasti akan meninggal dunia dan akan dikubur seperti yang ada di pemakaman ini sehingga harus rajin beramal dan beribadah untuk mempersiapkannya.



“Semoga dengan kegiatan ini, siswa akan lebih peduli tentang pentingnya gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan termasuk pemakaman sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai  orang yang telah meninggal dunia,“ harapnya.



Dalam kegiatan gotong royong Pemakaman Umum respon masyarakat cukup  baik  terbukti saat gotong royong masyarakat memberikan bantuan makanan dan minuman kepada siswa siswi yang sedang gotong royong," ucap Kasek.


Lebih lanjut disampaikan. tujuan pelaksanaan  Gotongroyong Kebersihan  Pemakaman adalah pengabdian warga sekolah ke masyarakat sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan," ujarnya.


Salah Satu Siswa SMAN 1 Arse  A.Harahap  kelas X mengaku senang ikut dalam gotong royong ini dan berharap dapat menjadi amal baginya serta semakin mengingatkan akan kematian. “Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat sehingga warga yang ziarah menjadi senang karena makam keluarganya menjadi lebih bersih,” pungkasnya.


"Di tempat terpisah Kacabdisdik Wilayah XI Provsu Drs.Oloan Nasution menyampaikan," 
Kita mengapresiasi kegiatan kebersihan pekuburan ini. Harapannya kegiatan kebersihan ini menjadi kegiatan melekat dalam kehidupan keseharian warga sekolah. Sekolah menetapkan standar kebersihan lingkungan sekolah dan menyiapkan sarana prasarananya, disosialisasikan, dan dilaksanakan dalam praktik kehidupan warga sekolah.



Dengan begitu, pola hidup bersih akan menjadi bagian dari budaya hidup warga sekolah. Hal ini sejalan dengan instruksi Bapak Kadis Pendidikan Provsu. Pada Rapat Kerja perdana dengan jajaran pejabat Disdiksu, Kacabdisdik, dan Kepala SMA/SMK/SLB se-Provinsi Sumutera Utara (7-3-2024 ).

Pak Kadis menyampaikan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang bersih. Secara khusus beliau menginstruksikan agar kamar mandi (jamban) sekolah harus dalam kedaan bersih dan tidak boleh berbau tidak sedap," ujar Kacabdisdik Wilayah XI.


Selanjutnya Camat Arse  Sahwan Ritonga  menyampaikan terimakasih kepada Keluarga besar SMAN 1 Arse yang telah memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan Gotongroyong Kebersihan Pemakaman Umum di Wilayah Kecamatan Arse. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: