Pj Gubernur Sumut Hassanudin Sambut Baik Hilirisasi Berbasis Rakyat di Sumatera Utara

/ Kamis, 14 Maret 2024 / 20.18.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-PAGARMERBAU-Penjabat (Pj) Sumatera Utara (Sumut), Mayjen TNI (Purn) Dr. Hassanudin mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Pagar Merbau, Kabupaten Deli serdang. Hassanudin pun menyambut baik di dirikannya Industri Hilir berbasis koperasi Rakyat di Sumatera Utara (Sumut).

Di ketahui Pabrik Minyak Makan Merah tersebut akan di kelola oleh para Petani dan Anggota Koperasi. "Kita senang, ini terus kita bentuk Ekosistem Hilirisasi di Sumatera Utara ini, kita juga senang yang mengelola masyarakat langsung, jadi Petani bawa hasil Taninya langsung ke sini," ujar Hassanudin, usai peresmian Pabrik Minyak Makan Merah di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (14/03/2024).

Dengan bertambahnya Ekosistem Hilirisasi di Sumatera Utara, menurutnya, akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) saat ini juga sedang memperkuat Struktur Ekonomi berbasis Hilirisasi, khususnya Pertanian.

Hassanudin mengatakan, potensi Pertanian di Sumatera Utara sangatlah besar. Karena itu, apa bila hasil Tani di olah menjadi Produk turunan, maka potensi Sumatera Utara yang sangat besar ini akan meningkatkan perekonomian Sumatera Utara, secara signifikan.

Sebelumya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan, Pabrik Minyak Makan Merah akan menjadi nilai tambah dalam Negeri. Secara khusus dapat menambah nilai bagi Petani Sawit.  Ini yang pertama kali, dan sudah berbentuk Koperasi.

Sebagai informasi, Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau dapat mengolah 10 Ton Minyak Sawit mentah setiap hari. Turut hadir Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar.(PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: