Antisipasi Arus Balek Pasca Lebaran Idul Fitri Kapolres Ogan Ilir Gelar Apel Pagi Untuk Keyamanan Bagi Pemudik

/ Jumat, 12 April 2024 / 17.34.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA. COM,OGAN ILIR,- Diprediksi 3  ( TIga ) hari setelah perayaan hari raya Idul Fitri akan mulai adanya arus balik oleh masyarakat yang telah usai berlebaran di kampung halamannya masing-masing,untuk kembali lagi beraktivitas dihari seperti biasanya.

Dengan mulai adanya arus balik yang melintas di sepanjang jalan lintas timur yang terbentang diwilayah kabupaten Ogan Ilir.jumat (12 04 2024).

Satuan tugas Operasi Ketupat Musi polres Ogan Ilir yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ogan Ilir  AKBP Andi Baso Rahman SH. SIK MSI,melaksanakan apel siaga terhadap personil yang terlibat dalam pengamanan lebaran.

Apel siaga arus balik  ini sendiri bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang terjadi selama pelaksanaan lebaran dan arus balik seperti rawannya terjadi kecelakaan lalulintas, kemacetan di simpul simpul tertentu atau di Persimpangan ruas  jalan yang mengalami penyempitan dan potensi terjadinya kriminalitas utamanya dilokasi perumahan , Kos - kosan, dan pemukiman penduduk lainnya.

Untuk pemantauan arus balik ini sendiri disampaikan oleh Kapolres Ogan Ilir polres Ogan Ilir akan menempatkan personil polres Ogan Ilir dan anggota Polsek jajaran seperi pemantauan arus balik mudik lebaran akan di laksanakan di wilayah Polsek tanjung raja yang berbatasan dengan kabupaten OKI.dan Polsek pemulutan yang  berbatasan langsung dengan kota Palembang.

Dalam pengamanan arus balik ini polres Ogan Ilir melibatkan sebanyak 127 personil yang terdiri dari anggota polres dan Polsek jajaran.

Selain itu juga melalui Kabag OPS polres Ogan Ilir Kompol Kusyanto.SH menyampaikan bahwa polres Ogan Ilir akan melakukan penyekatan terhadap kendaraan yang memiliki sumbu roda tiga keatas ( Kecuali kendaraan yang membawa sembako dan BBM ) yang sangat berpotensi menimbulkan kemacetan ruas jalan yang akan digunakan oleh pemudik dalam melaksanakan balik ke rumahnya masing masing.

Dan apabila terjadi kepadatan diruas ruas jalan tertentu pihak polres juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk mengurangi kemacetan seperti di km  27 di rumah makan tiga saudara dan KM 31 Di rumah makan Tua siang malam sebelum simpang KM 32 Ogan Ilir 

Untuk itu Kapolres Ogan Ilir mengharapkan kepada jajarannya agar selalu waspada dan memonitor perkembangan situasi Kamtibmas diwilayah hukum polres Ogan Ilir dan untuk selalu siap melaksanakan tugasnya sebagai anggota POLRI.

Dalam menyampaikan komunikasi dan informasi yang baik kepada masyarakat berkaitan dengan arus mudik lebaran demi terciptanya situasi Kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

Melakukan koordinasi dengan instansi terkait apabila terjadi kemacetan dan lantas segera datangi TKP dan bantu masyarakat yang memerlukan kehadiran anggota POLRI membantu kesulitan khususnya perjalanan balik mudik lebaran masyarakat yang melintas wilayah Kabupaten ogan ilir selama pelaksanaan operasi ketupat tahun 2024.(PS/RUSLAN)

Komentar Anda

Terkini: