Hari Pertama Masuk Sekolah Pasca Liburan Lebaran, SMKN 1 Marancar Panen Perdana Tanaman Sayuran Kacang Panjang

/ Selasa, 16 April 2024 / 18.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Hari Pertama masuk Sekolah Pasca liburan Hari Raya Idul Fithri 1445 H,  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Marancar, yang dikenal dengan Sekolah Program Keunggulan reguler lanjutan , merayakan keberhasilan panen perdana tanaman sayur jenis Kacang Panjang  dindai dengam berbagi dengam guru dan siswa Siswi  pada hari ini usai apel pagi salam salaman dengan siswa siswi guru,Kepala Sekolah dan keluarga besar SMKN 1 Marancar  Selasa (16 April 2024). Panen perdana ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan kerja keras siswa, guru sekolah dalam mengembangkan program agribisnis yang berkelanjutan.


Semua siswa kelas XI dan XII Jurusan ATPH yang terlibat panen perdana dengan penuh antusias, “Kami merasa sangat bangga dan bahagia bisa melihat hasil dari kerja keras anak anak. Tanaman sayur yang ditanam siswa/i  sekarang telah tumbuh dengan baik dan siap untuk dikonsumsi. Ini adalah pengalaman belajar yang luar biasa,” Ucap Kasek 

Tanaman sayur yang berhasil dipanen meliputi  jenis sayuran Kacang Panjang untuk  Siswa/i Kelas XI dan XII jurusan  ATPH. hasilnya lumayan  yaitu sebanyak 200 Ikat Kacang Panjang yang dibagikan kepada Guru dan Siswa SMKN 1 Marancar. 

Demikian disampaikan Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran M. Pd didampingi Guru Produktif  Puspa Dewi S.Pd dan Iswayuni S.Pd usai panen Perdana Selasa (16/4-2024).. 



"Kedepan pihak sekolah  berencana untuk menjual sebagian hasil panen di pasar Batangtoru, Pasar Sempurna dan pasar lainnya di sekitar sekolah ." Ujar Afwan Tarihoran M. Pd sebagai Best Practices Kepala Sekolah Pengawas Sekolah Widyaiswara Tingkat Nasional Yang Menerima Sertifikat Juara 1 (satu)  tahun 2019 lalu.

Lebih lanjut disampaikan Kasek “Program agribisnis kami bertujuan untuk mengajarkan siswa keterampilan yang relevan dan membantu mereka memahami proses pertanian yang berkelanjutan. Hasil panen perdana ini adalah bukti nyata dari kemajuan yang telah dicapai, dan kami berharap dapat terus mengembangkan program ini ke depan.” Harap Kasek Yang Bergolongan IV C. 

Program agribisnis di SMKN  1 Marancar  adalah merupakan salah satu Visi  SMK Negeri 1 Marancar  dibawah kepemimpinan Afwan Tarihoran M. Pd yaitu mewujudkan insan beriman, cerdas, terampil dan berperestasi 
( berdasi) berbasis keterampilan yang telah berhasil memberikan manfaat kepada siswa dan komunitas sekolah. Dengan semangat kerja keras dan komitmen yang kuat, sekolah ini menunjukkan bahwa pendidikan berbasis agribisnis adalah langkah yang positif dalam menghadapi tantangan masa depan," ujar Kepala Sekolah Yang Berpindidikan Starata  Dua ini. 

Saatnya SMK Negeri 1 Marancar bisa menjadi lebih hebat. Hebat gurunya, siswanya dan tata kelolanya," Harap Ketua MKKS SMK Tapsel. (PS/BERMAWI)








 
Komentar Anda

Terkini: