Pelepasan Siswa Siswi Kelas XII SMK NEGERI 4 Padangsidimpuan Ditandai Mencuci Kaki Orangtua dan Pemberian Medali Kepada Siswa

/ Minggu, 21 April 2024 / 10.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-SMK Negeri 4 Padangsidimpuan  merayakan pelepasan Siswa-siswi Tahun Ajaran 2023/2024 pada hari Sabtu ( 20/04/2024).


 Acara Pelepasan diadakan di halaman Sekolah SMK Negeri  4  Padangsidimpuan ditandai dengan  kegiatan yang baru pertama kali dan  menarik Mencuci  kaki orangtua dan Pemberian  Medali Kepada Siswa/ Siswi kelas XII yang membuat suasana jadi haru.

Salah satu orang tua siswa  H.Tumanggor kelas XII  jurusan multimedia  mengaku tidak menyadari air mata mengalir dengan sendirinya yang mana pada saat itu anak saya meminta maaf atas kesalahan yang dibuat selama ini.

“Di tambah lagi suasana yang khidmat menambah acara cuci kaki orang tua menjadi acara yang sesuatu berkesan,” jelasnya, Sabtu  (20/04/2024).

Waka bidang Kesiswaan  yang juga Ketua Panitia   acara perpisahan 
Desviani Yulinda Yusuf SE MM menyaksikan langsung prosesi cuci kaki orang tua oleh siswa kelas XII sebagai bakti anak kepada orang tua.



“Saya mengaku tak kuat menyaksikan suasana haru tersebut,sampai meneteskan air mata karena menyaksikan langsung bagaimana para siswa mencuci kaki ayah/ ibu mereka dan minta maaf,” terangnya.

Acara mencuci kaki orang tua berlangsung 15 menit, diiringi dengan lantunan music instrumental.

Acara tersebut dihadiri oleh Siswa-siswi Kelas XII,  orangtua Siswa Siswi, Komite Sekolah dan para Guru-guru SMK Negeri 4 Padangsidimpuan

Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Padangsidimpuan  Ahmad Imadi Batubara S.Pd M.Pd  yang memberikan sambutan kepada Siswa-siswi Kelas XII. Dalam sambutannya, beliau memberikan Selamat kepada Siswa-siswi Kelas XII yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan  dan mengharapkan mereka dapat menjadi generasi yang memiliki gagasan dengan berkontribusi pada perubahan positif bagi kesuksesan secara khusus bermanfaat bagi Bangsa dan Negara secara umum,” Ujarnya.


Setelah anak  selesai menyelesaikan pendidikan di Sekolah ini,  Tentu anak kami sudah merancang kemana anak kami hendak berlabuh. Harapan kami dari pihak Sekolah ada tiga yang kami harapkan yaitu : 1. Setelah selesai dari Sekolah ini melanjutlah ke Jenjang yang lebih tinggi misalnya ke Perguruan Tinggi untuk menambah wawasan anak kami menjadi sarjana sarjana  terbaik agar bisa bersaing di kancah nasional  maupun internasional, 2. Bagi yang tidak berniat melanjutkan ke Perguruan Tinggi agar carilah pekerjaan anak kami kalau bisa sesuai dengan kompetensinya, .3. Jika tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan tidak mencari  pekerjaan minimal harapan kami menjadilah masyarakat yang berguna bagi nusa bangsa dan agama dan jangan menjadi anak yang tidak berbakti kepada orangtua tua dan menjadi tanggungan orangtua selamanya," ujar Kasek SMKN 4 Padangsidimpuan.


Kepala SMKN 4 P.Sidimluan Ahmad Imadi Batuhara M. Pd

"Disampaikannya," Bapak/Ibu Orangtua murid kita  diundang disekolah ini dengan tujuan dan harapan  mengingatkan kami bahwa tiga tahun yang lewat Bapak Ibu menyerahkan anak anak kita kepada kami di Sekolah ini.

Lanjut Kasek," inilah saat nya  kami menyerahkan kembali siswa siswi kelas XII  kepada orangtua murid, mudah mudahan pendidikan di sekolah ini baik pengetahuan, pengalaman dan karakternya dapat berubah. Kami dari pihak sekolah mengucapkan permohonan maaf mana tahu selama pembelajaran ada yang tidak berkenan di hati anak anak kami dan juga orang tua murid selama proses pembelajaran.


 Saya Kepala Sekolah menyampaikan permohonan maaf yang  sebesar besarnya kepada Bapak/Ibu. Kemudian karena hari ini masih suasana Hari Raya Idul Fithri 1445 H kami ucapkan minal Aidin Walfaizin mohon maaf lahir dan bathin," ucapnya.


Terakhir  Ahmad Imadi Batubara S.Pd M.Pd  menyampaikan pantun," Kalau ada sumur di ladang, tentulah kita menompang mandi, kalau ada umur yang panjang, mudah mudahan kita berjumpa kembali.


Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Waka bid Kesiswaan Desviani Yulinda Yusuf SE MM menyampaikan,"  bahwa acara ini dilaksanakan bentuk dari kerjasama dari Bapak/ibu guru  keluarga SMKN 4 Padangsidimpuan . Karena kerjasama yang sudah terbina yang kami lakukan mudah mudahan walaupun sesederhana  acara ini atas permintaan anak anak kami bisa dilaksanakan. 


Ketua panitia Desviani Yulinda Yusuf SE MM menyampaikan, " bahwa   Kelas XII seluruhnya berjumlah 169 orang siswa,  dan alhamdulillah seluruh siswa siswi mengikuti ujian sampai selesai dan harapa kami seluruh anak anak kami lulus semuanya dengan hasil yang maksimal dan  memuaskan kita semuanya. 


Disampaikannya," ada beberapa siswa kami sempat sudah selesai ujian langsung berangkat mencari pekerjaan . Ini sudah banyak Whasapp yang saya terima dan tidak masalah  yang penting anak anak kami sudah menuai hasil dia berjuang dan menunjukkan kualitas SMK itu luar biasa di rantau orang. 


Terlaksanya  kegiatan ini bukti dan wujud kerjsama kita semuanya. Harapan kami Guru Guru anak anak kami yang alumni bisa membuktikan bahwa SMKN 4 Padangsidimpuan memiliki citra yang lebih baik apabila anak anak kami sudah merantau dan keluar dari Sekolah kita ini," ungkapnya.


Lebih lanjut disampaikannya" melalui kegiatan ini  saya sampaikan," apabila Bapak/ Ibu Orangtua siswa mulai dari persiapan hingga akhir acara ini bila  ada perkataan atau tindakan kami selaku panitia minta maaf sebelumnya. 


Kehadiran Bapak/Ibu Orangtua murid adalah merupakan hal yang membahagikan kami, Walaupun ini adalah akhir bukanlah berarti akhir dari segala perpisahan yang kita lakukan. Mungkin dari segi  pembelajaran kita sudah selesai bukan berarti kita memutuskan silaturrahim untuk berjumpa dengan Bapak Ibu guru maupun orangtua siswa siswi. 

Turut memberikan sambutan dalam acara tersebut Sekretaris Komite Rahmad Sani Lubis,  Mewakili Wali Kelas,  Mewakili Orangtua siswa siswi. (PS/BERMAWI)










 
Komentar Anda

Terkini: