Pukesmas Muara Dua Promosikan Cara Menjaga Kesehatan Mental

/ Sabtu, 20 April 2024 / 07.05.00 WIB
drg. Milla Yoefianda | Kepala Puskesmas Muara Dua 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE -- Kesehatan mental atau Mental health adalah salah satu aspek penting dalam kesehatan seseorang yang seringkali diabaikan. Mental health merupakan kondisi kesehatan mental yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan potensi dan memenuhi kebutuhan mereka, bertanggung jawab dan berguna dalam masyarakat. 

Individu yang sehat secara mental memiliki kemampuan untuk mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari, dan berkontribusi pada masyarakat tanpa merasa terbebani. Demikian disampaikan oleh drg. Milla Yoefianda Kepala Puskesmas Muara Dua  Kota Lhokseumawe kepada Poskota belum lama ini di Lhokseumawe.

Menurutnya, Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik, terutama di tengah tekanan dan stress yang kerap kali datang. Ada beberapa cara yang dapat membantu kita menjaga kesehatan mental, di antaranya sebagai berikut : 

Berolahraga Secara Teratur Olahraga dapat membantu meredakan stress dan membuat kita merasa lebih sehat secara fisik dan mental. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa olahraga dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh - hormon yang memicu rasa bahagia dan mengurangi rasa sakit. 

Jangan menunda waktu istirahat Lingkungan kerja atau tugas yang rumit dapat membuat pikiran kita lelah dan stres. Bila kita menunda waktu istirahat maka dapat menyebabkan stres berkepanjangan yang berdampak buruk pada kondisi kesehatan mental kita. Oleh karena itu, jangan lupa memanfaatkan istirahat yang tersedia dan melakukan aktivitas yang merelaksasi diri seperti meditasi atau membuat rutinitas untuk melakukan hal yang disukai. 

Makan makanan yang sehat, dan makanan yang seimbang dan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dan kondisi tubuh yang sehat akan berdampak baik pada kesehatan mental kita. Makanan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga membuat kita merasa lebih kuat dan berenergi. 

Tetap terhubung dengan orang lain Tetap memiliki hubungan sosial yang positif dapat membantu kita menjaga kesehatan mental. Terhubung dengan keluarga atau teman dekat secara teratur dapat membantu kita merasa terhubung dan mendapat dukungan ketika kita menghadapi masalah. 

Menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang Ketika kita berada dalam situasi stres atau tekanan hidup, dapat tergoda untuk mencoba menghilangkan rasa tidak nyaman dengan menggunakan alkohol atau obat-obatan terlarang. Namun, kebiasaan tersebut pada akhinya dapat menyebabkan ketergantungan dan dampak buruk pada kesehatan mental dan fisik kita. 

Cobalah untuk mencari bantuan ketika dibutuhkan Ketika kita mengalami masalah seperti stres atau depresi, penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental. Mereka dapat membantu kita memahami kondisi kita dan memberi saran yang efektif dan bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut. 

Berikan waktu secara cukup untuk tidur Tidur yang cukup merupakan faktor penting bagi kesehatan mental kita. Kurang waktu tidur dapat membuat seseorang cepat lelah, rentan terhadap stres, dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik. Kurang waktu istirahat dan tidur dapat meningkatkan tekanan yang dirasakan oleh individu. 

Demikian, menjaga kesehatan mental adalah tantangan, tetapi bukanlah hal yang berat. Dengan menggunakan sarana kesehatan mental dan teknik manajemen stres yang tepat, kita dapat mengembangkan kekuatan pribadi untuk melawan stres dan menjaga kesehatan mental kita, demikian tutup drg. Milla Yoefianda Kepala Puskesmas Muara Dua Kota Lhokseumawe. (ADV)

Komentar Anda

Terkini: