Dinkes Lhokseumawe Edukasikan Tips Menjaga Kesehatan Liver Dengan Baik

/ Rabu, 08 Mei 2024 / 19.31.00 WIB
Menjaga Kesehatan Hati (liver)

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE - Liver merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh manusia. Liver memiliki peranan penting untuk menyimpan nutrisi, sebagai detoksifikasi, dan metabolisme.  Adanya organ liver akan membantu seluruh sistem kerja pada organ yang mengalir ke seluruh tubuh. 

Hal ini juga berpengaruh langsung terhadap sistem pencernaan manusia. Namun, penyakit liver masih banyak ditemukan mulai dari kalangan anak-anak hingga lansia, demikian diutarakan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Lhokseumawe Zulfikar M.Kes kepada Poskota belum  lama ini di Lhokseumawe.

Sambungnya, Permasalahan terkait penyakit liver dapat disebabkan oleh adanya pola hidup yang tidak sehat, genetik, dan adanya penyakit kronis lain yang menimpa. Ciri dari seseorang yang memiliki penyakit liver adalah dengan: 1. Penurunan berat badan 2. Mengalami penguningan pada tubuh 3. Mudah lelah  4. Gatal-gatal

Keempat ciri ini yang paling ditemukan dan menjadi awal mula seseorang memiliki gangguan pada liver. Selagi bisa dicegah tentunya Anda harus mencoba beberapa hal yang baik untuk menunjang kesehatan, terang Zulfikar M.Kes.

Tips menjaga kesehatan liver dengan baik adalah: 

1. Kurangi konsumsi gula Gula memiliki peran yang baik sebagai sumber energi dalam tubuh. Namun, penggunaanya harus disesuaikan pada takaran.  Sebaiknya Anda konsumsi gula alami dan hindari gula biang atau buatan yang dapat mengganggu fungsi kerja pada organ. 

2. Konsumsi makanan yang mengandung serat Makanan yang mengandung serat memiliki khasiat yang baik bagi pencernaan dan kesehatan hati. Serat akan membantu melancarkan segala sistem organ dan mampu mencegah berbagai penyakit kanker salah satunya adalah kanker hati atau liver. Kita dapat konsumsi kacang-kacangan yang dapat diolah secara mudah di rumah.  

3. Konsumsi lemak yang baik Lemak yang baik memiliki peranan untuk membasmi lemak jahat yang dapat menghambat sistem peredaran darah dalam tubuh. Anda dapat konsumsi minyak zaitun, alpukat, maupun mengganti penggunaan minyak goreng dengan minyak sehat setiap harinya. 

4. Berolahraga Berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu atau melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari. Tubuh Anda sangat memerlukan pergerakan untuk melancarkan sistem peredaran darah, fungsi organ, peregangan otot, dan lainnya yang dapat menunjang kesehatan.  Hal ini yang membuat sistem organ terutama liver dapat terjaga dengan baik dan bekerja sesuai fungsinya.

5. Melakukan vaksinasi Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh banyak orang untuk terhindar dari penyakit kronis. Vaksin yang tepat untuk mencegah terjadinya gangguan pada liver adalah Hepatitis A dan B. Anda dapat menjangkau vaksin tersebut di fasilitas kesehatan seperti puskesmas maupun rumah sakit. 

6. Menjaga hidrasi Tubuh manusia membutuhkan air minum sebanyak 2 liter dalam sehari. Jika kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang cukup akut dan mengganggu kerja liver. Kondisi akan membuat tekanan darah dan kadar oksigen di dalam tubuh menurun akibat volume darah berkurang. Maka dari itu diperlukan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Kurangi minuman lain yang mengandung kafein atau soda, demi menjaga kesehatan dalam tubuh.

Menjaga liver atau hati agar tetap sehat adalah hal yang mutlak kita lakukan. Sebab, liver adalah salah satu organ yang mempunyai peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Selain itu, jika liver mengalami kerusakan, maka secara otomatis sistem tubuh kita juga akan mengalami penurunan bahkan hingga kerusakan.

Tanpa liver, kita tidak akan mampu bertahan hidup karena fungsi utama liver/ hati adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Saat kita jatuh sakit, maka sudah tentu kita akan mengkonsumsi obat-obatan yang bakal melewati liver terlebih dahulu sebelum melalui pembuluh darah.

Makanan yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal itu akan meningkatkan resiko kanker hati.

Meski pengaruhnya tidak terasa secara langsung, namun kesehatan liver dapat berpengaruh terhadap tingkat energi dan libido karena liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh.

Mengingat vitalnya peran hati, maka  dituntut untuk menjaga kesehatan hati agar tetap berfungsi dengan baik. Semoga  cara tersebut bisa bermanfaat dan bisa di terapkan oleh masyarakat kota Lhokseumawe dalam kehidupan sehari-hari, ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lhokseumawe Zulfikar M.Kes. (ADV)

Komentar Anda

Terkini: