Dinkes Lhokseumawe Imbau Calon Jemaah Haji Tak Takut Lakukan Vaksin Meningitis

/ Minggu, 05 Mei 2024 / 08.51.00 WIB
Bagi calon jamaah haji dianjurkan melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci. FOTO | Dok Istimewa 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza, S.Kep M.K.M  mengimbau kepada seluruh para calon jemaah haji asal kota Lhokseumawe tahun 2024/ 1445 H untuk tidak takut melakukan vaksin meningitis sebelum menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Kadinkes Lhokseumawe ini juga menekankan vaksin meningitis diperlukan oleh semua calon jamaah haji, meskipun Indonesia bukan termasuk negara endemik bakteri Neisseria meningitidis yang menyebabkan penyakit tersebut.

“Bayangin, ini kan kalau haji jamaah seluruh dunia berkumpul, dari Indonesia, Asia, Afrika, semua dalam waktu yang cukup panjangnya sebulan lebih. Di sana kita akan berinteraksi dengan jamaah-jamaah lintas negara, termasuk dari jamaah negara-negara yang dikenal punya kasus meningitis banyak,” katanya Safwaliza kepada Poskota belum lama ini di Lhokseumawe.

Menurutnya, Vaksin tersebut, berfungsi sebagai pelindung jemaah haji dari penyakit meningitis yang bisa ditularkan oleh jemaah asal negara-negara lain, demi kenyamanan dan kelancaran ibadah jamaah haji asal kota Lhokseumawe, Aceh bahkan Indonesia, sekaligus sebagai upaya pencegahan masuknya penyakit tersebut ke Tanah Air.

Ia pun menilai seluruh jemaah rentan tertular akan penyakit meningitis, terlebih kepada jamaah lansia, atau jemaah dengan penyakit bawaan tertentu, tutur Safwaliza.

Selain itu, Kadinkes Lhokseumawe ini turut mengajak kepada seluruh jemaah untuk melakukan vaksin meningitis sebagai sebuah upaya perlindungan diri, bukan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menggugurkan kewajiban jamaah haji sebelum berangkat saja.

“Jadi kita vaksinasi itu bukan karena kewajiban, tetapi kita pahami ini sebagai ikhtiar untuk melindungi kesehatan kita. Dan tadi, ketika bicara meningitis, taruhannya adalah nyawa, karena melibatkan otak,” tegasnya lagi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Lhokseumawe memberikan vaksin meningitis secara cuma-cuma kepada calon jamaah haji, dan vaksin meningitis itu akan diberikan kepada jemaah saat proses pemivisaan, sebagaimana di utarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kemenag RI dalam satu pertemuan di Jakarta.

Sebagai informasi, vaksinasi meningitis merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji. Persyaratan ini sebagai bagian dari upaya pemberian perlindungan sekaligus pencegahan terhadap penularan suatu penyakit, terang Safwaliza S.Kep M.K.M.

Vaksin meningitis melindungi tubuh dari empat jenis bakteri penyebab penyakit meningitis. Penyakit meningitis menyebabkan infeksi pada lapisan di sekitar otak atau sumsum tulang belakang. Meningitis juga menyebabkan infeksi darah (bakteremia meningokokus), pneumonia, dan masalah lainnya. 

Di dalam vaksin meningitis terkandung antigen, yaitu zat yang dapat merangsang sistem imun tubuh untuk membentuk antibodi dan melawan bakteri penyebab meningitis. Terdapat dua jenis vaksin meningitis yang tersedia, yaitu menACWY dan MenB. Vaksin tersebut dinilai mampu melindungi dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis, yaitu salah satu jenis bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis.

Vaksin meningitis bertujuan untuk merangsang sistem imun tubuh untuk membentuk antibodi dan melawan bakteri penyebab meningitis. Vaksin ini mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh Neisseria meningitidis, salah satu jenis bakteri penyebab penyakit meningitis. 

Dengan adanya vaksin meningitis, maka infeksi dan penyebaran penyakit dapat dicegah. Vaksin meningitis juga menjadi vaksin rutin pada anak dan untuk melindungi diri dari epidemi meningitis.

Perlu diketahui, manfaat utama dari vaksin meningitis yaitu mencegah penyakit meningitis yang sangat berbahaya. Selain itu, salah satu jenis vaksin meningitis, vaksin konjugat meningokokus, dapat melindungi tubuh dari risiko bakteri meningokokus yang bertipe Y, W, C, dan A.

Selain itu, vaksin meningitis juga mencegah kamu dari risiko bakteri meningokokus tipe lima, karena di dalamnya terkandung meningkokus B atau MenB. Hanya saja, jenis vaksin tersebut ditujukan untuk kondisi tertentu saja. Manfaat lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu vaksin meningitis berdampak positif bagi remaja, dan anak-anak yang mengalami kelainan sistem imun di tubuhnya. (ADV)

Komentar Anda

Terkini: