Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan

/ Rabu, 29 Mei 2024 / 16.05.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM-HUMBAHAS,-Wakil Bupati Humbang Hasundutan Dr.Oloan Paniaran Nababan, SH.MH mewakili Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengikuti kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, Rahu (29/5/2024) di Aula Hutamas Doloksanggul .

Tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 diatur dalam peraturan komisi pemilihan umum Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh.Sekda Humbahas Jaulim Simanullang, Kesbangpol Ferry Sitorus, Komisioner KPU Humbahas , Ketua KPU Humbahas Meena Cibro, Ketua Bawaslu Hendrik W. Pasaribu.ST , Kasi Intel Kejari, pejabat yang mewakili Dandim 0210/TU Pabung Mayor Inf Ojak Simarmata , Mewakili Kapolres Humbahas, Porkopimda, Camat, Komisioner KPU , dan ratusan undangan lainnya.

Wakil Bupati Humbahas Dr. Oloan Paniaran Nababan, S,H, MH dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum Humbahas yang  telah menyiapkan dan menyelenggarakan kegiatan ini. 

Semoga kegiatan Peluncuran tahapan Pilkada ini menjadi momentum bagi semua pihak, baik sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta Pilkada untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang Demokratis berlandaskan asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia , Jujur dan Adil 

Peristiwa ini bukan sekedar  proses administratif melainkan sebuah perayaan demokrasi yang mendalam dimana setiap warga Kabupaten Humbahas akan menentukan arah dan masa depan Pemerintahannya. 

Oleh karena itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Humbahas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menyukseskan penyelenggaraannya. Pemilihan ini.

Mari kita jadikan proses ini sebagai perayaan Demokrasi yang tidak hanya berarti memilih pemimpin tetapi juga mengukuhkan komitmen kita pada nilai-nilai kebersamaan dan persatuan. “Untuk mencapai keberhasilan demokrasi, tingkat partisipasi masyarakat adalah hal yang esensial. 

Oleh karena itu, kami sangat berharap kepada KPU Kabupaten Humbahas untuk terus bekerja berdasarkan prinsip-prinsip Demokrasi. “Menjaga semangat dan kesehatan sehingga pemilu dapat terselenggara dengan aman dan lancar dan juga kepada TNI, Polri, ASN, para Camat, Organisasi Kepemudaan, Ormas dan seluruh elemen bangsa yang ada di Kabupaten ini , marilah kita semua menciptakan suasana Pemilukada yang penuh dengan kedamaian dan kegembiraan. 

Marilah kita menjaga Perdamaian, Keamanan dan Kondusifitas daerah kita, sehingga Pemilukada Humbahas saat terlaksana secara sukses dan amanah .Oleh sebab itu kembali kami tekankan bahwa setiap tahapan yang dilalui dalam Pemilukada ini setiap suara yang tercatat, setiap diskusi yang dibangun adalah langkah nyata dalam menciptakan demokrasi .

Ini adalah kesempatan kita untuk mengembangkan dan mengamalkan prinsip-prinsip keadilan, kesetaraan dan transparansi yang menjadi landasan negara kita. Kami mengajak semua pihak untuk melaksanakan proses Pemilukada ini dengan hati yang lapang dan pikiran yang terbuka.

Marilah kita menerima setiap perbedaan pendapat sebagai bagian dari proses Demokrasi, marilah kita mendengarkan setiap suara, karena setiap suara adalah penting dan memiliki bobot dalam menentukan masa depan kita. 

Kami berharap semoga kita memiliki semangat yang sama dalam mensukseskan setiap tahapan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Humbahas tahun 2024 . Mari kita jadikan kegiatan dimulainya tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini sebagai momentum bagi semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta Pilkada nantinya untuk mewujudkan dan membangun Konsolidasi serta koordinasi yang harmonis demi terlaksananya Pilkada yang Demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas dan rahasia jujur dan adil.

Ketua KPU Humbahas Meena Cibro mengungkapkan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah Kabupaten secara khusus Kabupaten Humbang Hasundutan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati secara langsung dan demokratis.

Tak lupa juga kami sebagai penyelenggara mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah serta pimpinan DPRD atas dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada di tahun 2024 untuk Kabupaten Humbang Hasundutan, 

KPU Humbahas dalam hal ini, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 telah selesai melakukan pendaftaran untuk jalur perseorangan dan pada saat ini telah melakukan verifikasi administrasi, dan juga telah melakukan serta menentukan kembali ketua dan anggota PPK dan PPS, untuk PPK ada di 10 Kecamatan dan PPS ada di 153 Desa ditambah 1 Kelurahan.  

Ditambahkannya berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota, telah ditetapkan bahwa Pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil gubenur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota diseluruh wilayah negara kesatuan dan Republik Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 27 November tahun 2024.

Dengan ditetapkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota yang ditandatangani sejak 26 Januari 2024 lalu, maka telah resmi tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Nasional tahun 2024 dimulai. 

Sebagai acuan penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2024, PKPU nomor 2 Tahun 2024 ini memuat 9 Pasal serta lampiran jadwal yang telah disusun secara rinci oleh KPU RI. Dalam lampiran tersebut diatur sejumlah tahapan Pemilihan yang terbagi dalam dua tahapan yaitu, tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah daerah, aparat kemanan TNI/Polri, tokoh agama , tokoh masyarakat, insan pers, pihak akademis untuk sama-sama bergandengan tangan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 dengan aman, lancar dan damai. Tanpa dukungan dari semua pihak, mustahil KPU dapat melaksanakan seluruh tahanan ini dengan baik,” harapnya 

Sementara Ketua Bawaslu Humbahas Hendrik W.Pasaribu.ST juga menyampaikan Aspirasi yang sebesar-besarnya kepada KPU Humbahas yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. 

Bawaslu siap bekerja ,jika ada laporan ataupun keganjilan serta kondisi kekurangan disaat pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil bupati nantinya "Untuk itu marilah kita bekerja sama untuk mencapai pemilu yang bersih, jujur, adil dan makmur.


Selesai acara dilanjutkan dengan penyerahan cendramata kepada Wakil Bupati Humbahas, Plh.Sekda, Kesbangpol, Kejari , Pabung 02/10 TU dan Kadis Catpil. (PS/BN) 








Komentar Anda

Terkini: