Perlu 'Rawatan' Seorang Ibu, Ria Gurning Siap Tarung Pilkada Samosir 2024

/ Sabtu, 04 Mei 2024 / 17.10.00 WIB
 

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), seluruh partai politik tengah melakukan penjaringan bakal calon Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Sejumlah tokoh kini sudah mulai bermunculan untuk mencalonkan diri menjadi bakal calon kepala daerah. Secara khusus di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara,  Pilakda 2024 semakin menarik perhatian dan berwarna. 

Pemerhati Sosial, Anak dan Budaya Kabupaten Samosir Ria Gurning, dikabarkan mendapat dukungan penuh sejumlah tokoh dan masyarakat untuk Tarung pada Pilkada 2024.

Hal tersebut dinilai, sosok Ria Gurning yang aktif dalam sejumlah kegiatan sosial, kebudayaan serta keagaaman dinilai sangat berpengaruh memperjuangkan hak kaum ibu serta menjawab harapan masyarakat Samosir yang membutuhkan sosok rawatan seorang ibu atau tokoh perempuan. 

Ria Gurning,  yang dikenal aktif menyambangi para penenun ulos yang ada di Samosir,  ia juga kerap gelar kegiatan sosial yang bisa mengembangkan SDM di Samosir.

Ria Gurning seorang ibu kelahiran Samosir pada tangal 21 Agustus1975 ini sudah memiliki segudang pengalaman soal pengembangan UMKM.

Tak hanya itu, Ria Gurning kerap  membina komunikasi dengan berbagai stakeholder agar pemasaran ulos berjalan lancar. 

Perempuan kelahiran Samosir ini merupakan lulusan Sarjana Pertanian dan juga istri seorang almarhum prajurt sejati, Dandenma Lantamal I Belawan Letkol Marinir Toni Simbolon. 

Ria Gurning yang kini menekuni serta merawat kelestarian budaya batak Toba secara khusus ulos, mendirikan sebuah toko tas berbahan dasar ulos.

“Saya awalnya tinggal di Jakarta karena sang suami tugas di sana. Lalu, pada tahun 2019, kami pindah ke Medan dan sejak itulah saya terjun ke Samosir. Waktu itu, program pertama saya buat adalah Wanita Tangguh, Hebat, dan Mandiri. Dan, saya sering buat seminar-seminar tentang itu,” terangnya. (PS/REL).

Komentar Anda

Terkini: