23 PKD Pilkada Serentak Tahun 2024 Dilantik, Ini Pesan Ketua Panwascam Batang Toru Makmur Amrisah Pardede

/ Minggu, 02 Juni 2024 / 22.04.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Ketua Panwaslu  Batangtoru Makmur Amrisah Pardede   secara resmi  melantik 23  anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) terpilih tahun 2024  yang bertempat Cafe And Resto Perkebunan Desa Sumuran Kec.Batangtoru Minggu (2 Juni 2024).


Dalam kesempatan tersebut Makmur Amrisah Pardede  Ketua Panwascam Batang Toru  menekankan kepada 23 Anggota PKD Se-Kecamatan Batangtoru bahwa pekerjaan panwaslu baik ditingkat kecamatan atau pun Kelurahan/ desa dilaksanakan dengan metode tim work (kerjasama ) sehingga pekerjaan bisa terlaksana sesuai harapan.


Menurutnya tanpa kerja sama dan kekompakan semua akan sulit. “Kita harus kompak dan tetap menjaga koordinasi dengan panwascam Batangtoru , karena tanpa kerja tim yang solid kita akan kesulitan mengemban tugas dan fungsi kita sebagai pengawas pemilu,” tegasnya.


Lebih lanjut Ketua panwascam meminta agar para PKD menjaga netralitas dan konsistensi dalam bekerja sesuai regulasi dan  aturan yang berlaku sehingga tujuan kita bersama mensukseskan pemilu 2024 dapat tercapai, sesuai azas pemilu yang jujur, terbuka, bebas, rahasia, dan adil.


"Berikutnya ia juga meminta PKD segera tancap gas. Pun tidak ada waktu lagi untuk menunda-nunda pekerjaan, karena di awal Juni ada tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh badan ad hoc KPU. 

"Yang selanjutnya KPU akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) atau pantarlih. Nah tugas PKD di awal Juni ini adalah mengawasi pembentukan PPDPnya dulu, lalu kita awasi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih, itu yang kami tekankan untuk PKD," ujarnya.


"Adapun tugas PKD di antaranya mengawasi setiap tahapan Pilkada di tingkat kelurahan/desa, mulai tahapan persiapan hingga pelaksanaan. Yakni sejak pemutakhiran data pemilih, penetapan pasangan calon (paslon), masa kampanye hingga proses pungut hitung suara selesai," ucapnya.



Selanjutnya Kordinator Sekretariat Bawaslu Tapsel Salman Paris Harahap  menyampaikan kepada PKD agar  bekerja sepenuh waktu tidak ada ada tanggal merah dan  24 jam siap bekerja.


Jangan sempat terjadi pemilihan ulang seperti di Desa Pardomuqn Kec. Sayurmatinggi. Kita harus bekerkasama dengan  panwas Kecamatan.  Menjaga fakta Integritas dqn tidak  mencampuri urusan Kuangan Kecamatan," harapnya.


Kalau ada masalah Internal jangqn  disampaikan keluar.  PKD  bertugas sejak dilantik dan  berakhir setelah dua  bulan hari Pemungutan suara. Diperkirakan  pekerjaan kita berakhir  di bulan Januari 2025," pungkas Salman Paris Harahap.


Prosesi pelantikan berjalan lancar dan sukses Hadir langsung di lokasi acara, Kordinator Sekretariat Bawaslu Tapsel Salman Paris Harahap, Bhabinkamtibmas mewakili Kapolsek Batangtoru, Babinsa mewakili Danramil 019 Siais, Camat Batangtoru Mara Tinggi SAP,M.Si diwakili.Staf Ali Asdi Pulungan,

,Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan  Batangtoru 

 yakni Makmur Amrisah Pardede,Monalisa Suryani Pulujgan dan Alwin Syahnian, Staf Bawaslu Tapsel, Staf Panwascam Batang Toru dan undangan lainnya.


Rangkaian acara Pelantikan PKD Kec. Batqngtoru dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia  Raya, Pembacaan Keputusan  Ketua Panwascam  Batangtoru yang dibacakan Staf Panwascam Batangtoru  untuk 23 PKD, Pengambilan Sumpah Janji PKD oleh Ketua Panwascam Batangtoru Makmur Amrisah Pardede,Penandatanganan berita acara Sumpah janji, Pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Panwascam Batangtoru, Pembacaan fakta Integritas oleh Seluruh PKD Kec. Batangtoru, Penandatanganan Fakta Integritas, Menyanyikan Lagu Padamu Negeri dan doa.


Kordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Salman Paris Harahap dalam arahannya  antara lain menyampaikan," selamat semoga sukses melaksanakan tugasnya.  Kita telah mengambil  sumpah dan bertangtung jawab kepada Allah SWT dan Tuhan YME. Kepada.PKD untuk tidak mencampuri urusan Keuangan Panwaslu Kecamatan," ucapnya.

Pelaksanaan Pelantikan PKD di Kecamatan Batang Toru berjalan aman  tertib dan lancar. (PS/BERMAWI) 




Komentar Anda

Terkini: