Belum Ada Jawaban Kadis Pertanian Pakpak Bharat Berapa Dana Solar Dryer Dome di Desa Pardomuan Pakpak Bharat

/ Rabu, 26 Juni 2024 / 10.08.00 WIB

"Solar Dryer Dome yang berada di Desa Pardomuan Pakpak Bharat"(Foto dok.Poskotasumatera.com)
POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK Bharat –  Penggunaan teknologi pengeringan matahari (solar dryer dome) dianggap sebagai solusi yang menjanjikan untuk masalah pengeringan. pengeringan tanaman setelah dipanen dari kebun masyarakat, seprti jagung,kopi tomat,cabe dan jenis tanaman hotikultura lainnya yang dianggap mudah busuk.

Ketika Poskotasumatera.com menanyakan kepada Kadis Ketahanan Pangan(Ketapang)  dan Pertanian Pakpak Bharat, Ade Johan Banurea,SP.MP,melalui Whatsapp berapa besaran dana pembagunan Solar Dryer Dome yang terletak di Desa Pardomuan Kecamatan Kerajaan itu.Namun sampai sekarang belum ada jawabannya.

Menurut salah satu tokoh pemekaran mengapresisai pembagunan Solar Dryer Dome yang berada di Desa Pardomuan itu,dan program pemerintah untuk kebutuhan masyarakat tetap terperhatikan,sebab tujuan Pemkab Pakpak Bharat adanya Solar Dryer Dome agar daya tahan produk hortikultura masyarakat hasil pertaniannya dapat terjaga lebih lama dengan kualitas yang baik.

Tetapi metode yang dibangun olrh Pemkab ini adalah sangat bagus,dan harus kita syukuri,hanya tinggal penggunaannya bagaimana masyarakat memanfaatkannya, Namun apapun alasannya dari instansi terkait tidak bisa melepaskan begitu saja hanya mengharapakan dan mengandalkan kekuatan masyarakat dalam pengoprasiannya.

Karena masyarakat petani terbatas dalam ilmu pengetahuannya untuk mengoprasikan peralatan tersebut,tentu harus ada pengawasannya,kerna di Dinas Ketahanan Pangan dan  benar-benar memperhatikannya,serta mengawasinya tentang penggunaan pengoprasiannya.

Artinya pihak Dinas yang terkait jangan hanya pekerjaan proyek sudah selelsai,lalu ditinggalkan begitu saja bangunan tersebut. Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) untuk melihat dan mengawasi itu kan ada ?.

Hanya nurarini instansi itu memikirkan manfaatnya peralatan atau banguna Solar Dryer Dome tersebut,jangan sampai mubajir atau tidak bermanfaat,kesannya hanya menghambur-hamburkan uang saja.

Oleh sebab itu diminta kepada Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat Ade Johan Banurea,SP.MP,benar-benar berbicara nuraninya terhadap Kabupaten Pakpak Bharat,sebab waktu pembentukan Kabupaten Pakpak Bharat orangtua Kadis ini adalah salah satu tokoh pemekaran yang disebut saat itu slah satu Sekretaris (KPKD) saat itu.

Tujuannya dulu memekarkan Simsim ini menjadi satu Kabupaten yang baru yaitu Kabupaten Pakpak Bharat saat ini,untuk mensejahterakan masyarakat Pakpak Bharat,juga termasuk warga Pakpak akan ditempa menjadi ASN yang berkualitas dan professional, sehingga mampu bersaing diaerah lain.

Tapi syukurlah Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat Ade Johan Banurea,SP.MP, saat ini telah dipercayakan menjadi pimpinan disalah satu instansi. Jadi wujud dan cita-cita para tokoh pemekaran tercapai,termasuk cita-cita orangtua Kadis tercapai menjadi salah satu Kadis di Pemkab Pakpak Bharat,ungkap Kt.Tumangger salah satu tokoh KPKD. (PS/KANSIOM/K.TUMANGGER).

BERSAMBUNG……..

Komentar Anda

Terkini: