Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Arse

/ Minggu, 02 Juni 2024 / 19.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM- TAPSEL, - Panwaslu Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan (TAPSEL), melantik Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di wilayah Pengawasan Kecamatan Arse untuk mengawal dan mengawasi Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Minggu, (02/06/2024) 

Dimana Sebanyak 10 orang  anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di lantik oleh Ketua Pengawas Kecamatan Arse  Muhammad Dahlan, di aula kantor Camat Arse, Kelurahan Arse Nauli. 

Pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Panitia Pengawas Pemilihan serentak 2024  Kecamatan Arse Tanggal 31 Mei 2024 Nomor : 001/KP.00.01/SU-22.07/05/2024, Tentang Penetapan Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa Tahun 2024 Kecamatan Arse. 

Pada saat prosesi pelantikan PKD diawali dengan pengambilan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Arse, serta dilanjutkan penandatanganan berita acara. Sumpah dan Pelantikan dibimbing oleh Rohaniawan setempat.

Usai pelantikan, Katua Panwaslu Arse Muhammad Dahlan mengucapkan selamat kepada anggota PKD Arse  dan menyampaikan "agar menjalankan tugas dengan integritas yang baik serta tetap menjaga netralitas sebagai Pengawas Kelurahan/Desa (PKD)." 

Serta tidak luput dari arahan Pemerintah Kecamatan Arse yang disampaikan langsung oleh Camat Arse Bapak Sahwan Ritonga S. Sos agar anggota PKD "selalu siap dan sigap dalam menjalankan tugas pengawasan Pilkada yang akan datang", serta menekankan agar daerah khusus (terpencil) " Desa Dalihan Natolu" agar PKD nya lebih memperhatikan kesiapan dan progres Pilkada di daerah tersebut, mengingat akses menuju daerahnya yang jauh dan cukup sulit. 

Dilanjut dengan kegiatan Pembekalan dan Penguatan Kelembagaan Panwaslu Kelurahan/Desa oleh Staf Teknis Bawaslu Tapsel Taqwa Siregar sebagai pemateri, "Panwaslu Kelurahan/Desa marupakan bagian penting dari pengawasan pemilihan serentak di tingkatnya. Memiliki tanggung jawab yang sangat krusial dalam menjaga integritas proses pemilihan serentak yang akan di laksanakan", ujar Taqwa. 

Acara Pelantikan  Panwaslu Kelurahan/Desa turut dihadiri Staf Teknis Bawaslu Tapsel Taqwa Siregar, Ketua Panwascam Muhammad Dahlan, Ketua PPK Arse Andi Paimatua, Camat Arse Sahwan Ritonga S. Sos, Perwakilan Koramil 03 Sipirok Sertu Erwin Harahap, Perwakilan Polsek Sipirok Briptu J. Siregar, Tokoh Agama, serta Staf Pemerintah Kecamatan Arse dan Pers.(PS/H.HUTAPEA) 

Komentar Anda

Terkini: