Pemkab Karo Bersama Forkopimda Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

/ Minggu, 02 Juni 2024 / 16.18.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM.KARO -Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Karo bersama Forkopimda Karo Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 bertempat di Lapangan Kantor Bupati Karo. Sabtu, (01/06/2024).

Kapolres Karo, AKBP Wahyudi Rahman,S.H, S.IK, M.M selaku Inspektur Upacara menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Hari lahirnya Pancasila adalah Hari Ketika Bung Karno sebagai Proklamator kemerdekaan , Bapak Pendiri Bangsa pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 melalui pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan( BPUPKI). Tema pada peringatan Hari Pancasila tahun 2024 yaitu Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. 

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini,  saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.”Ucap Kapolres Karo dalam membacakan pidato tersebut.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat  dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Usai pelaksanaan Upacara Hari lahir Pancasila di lapangan Kantor Bupati Karo, dilanjutkan dengan mengikuti jalannya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 tingkat Pusat melalui  streaming di kanal youtube BPIP yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo.

Turut hadir dalam rangkaian Upacara ini, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Sekda Kab Karo, Forkopimda Karo, Para Asisten Setda Kab.Karo, Para Kepala OPD serta ASN Kabupaten Karo dan perwakilan siswa siswi di Kabupaten Karo. ( PS/ BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: