Pemkab Samosir Salurkan Alsintan Dan Pupuk Gratis

/ Jumat, 07 Juni 2024 / 18.59.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Sebagai komitmen dalam membantu para petani, Pemerintah Kabupaten Samosir kembali menyalurkan bantuan pupuk organik cair gratis dan Alsintan kepada kelompok tani Jumat (07/06) di Kompleks Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samsir.

Secara simbolis, bantuan yang bersumber dari APBD dan APBN tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom. Diantaranya 10 unit traktor roda 2, pompa air 5,5 hp/3Inc sebanyak 44 unit, pompa air 8,5 hp/4Inc sebanyak 3 unit, pupuk organik cair sebanyak 10.832 liter kepada 245 Poktan, pembenahan EM4 7.100 liter untuk 242 Poktan dan Molase sebanyak 6.700 liter kepada 202 Poktan . 

Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir komit untuk membantu petani dengan memberikan  pupuk organik cair dan alat-alat pertanian. Inovasi dengan menjalin sinergitas Pemerintah Daerah dengan Provinsi maupun Pusat terus diupayakan guna mendapatkan bantuan kepada petani.

Disamping meningkatnya kwota pupuk kimia bersubsidi di Kabupaten Samosir,  Vandiko tetap mendorong para petani untuk belajar dalam pembuatan pupuk organik. Sebagaimana komitmen untuk membantu sertifikasi pupuk organik buatan petani, kementerian pertanian sudah mengeluarkan hasil uji laboratorium dan pupuk organik dari Kabupaten Samosir dan dinyatakan sudah lolos uji.

"Pemberian pupuk gratis ini hanya stimulan, pupuk organik dari Samosir sudah lolos uji, kita tinggal membangun rumah produksinya. Selain digunakan untuk kebutuhan bertani juga akan dapat dijual guna memberikan nilai tambah bagi petani", ucap Vandiko.

Semoga bantuan ini bermanfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat, jangan diperjual belikan tetapi dibagi secara adil dan digunakan dengan baik. mohon betul-betul diserahkan kepada anggota kelompok, kata Vandiko.

Danramil Pangururan AZM Siregar menyampaikan, saat ini pemerintah pusat melalui kementerian pertanian membentuk satgas antisipasi darurat pangan yang bekerjasama dengan TNI. Hal itu menjadi dasar mendukung program pemerintah daerah dalam pemberian bantuan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

"Apa yang sudah diberikan pemerintah kepada masyarakat jangan dibawa menjadi image yang tidak bagus, tujuan pemerintah pastinya menyejahterakan masyarakat, mudah mudahan pemberian bantuan ini dapat dihargai, disyukuri serta dimanfaatkan dengan baik", kata AZM Siregar

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom mengatakan pemberian bantuan traktor roda dua dan pompa air untuk mendukung petani yang sebelumnya tidak menanam padi namun rela beralih. Selain meningkatkan  indeks tanam padi sawah dan padi Gogo, hal ini juga sebagai upaya antisipasi menghadapi darurat pangan yang diprediksi terjadi di Indonesia.

Tumiur menjelaskan, Pemkab Samosir Samosir mendapatkan 500 ha kuota untuk penanaman padi gogo dari Kementan dan baru 170 ha CPCL yang tersedia, maka diharapkan petani memperluas lahan untuk memanfaatkan bantuan tersebut. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: