Pj.Bupati : Peringatan hari Lansia Nasional Merupakan Bentuk Perhatian Khusus

/ Sabtu, 08 Juni 2024 / 09.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI -   peringatan hari lanjut usia nasional ke-28 merupakan bentuk perhatian khusus kepada lanjut usia, serta sebagai penghargaan dan penghargaan atas semangat jiwa raga, serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Demikian disampaikan Pj. Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Rabu (5/6/2024).

“Melalui peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan upaya kesehatan lansia menuju lansia cerdas (sehat, mandiri, aktif dan produktif). Pada perayaan hari lanjut usia nasional ini, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti senam bersama, edukasi tentang kesehatan lanjut usia, serta skrining dan pemeriksaan kesehatan. Dan diharapkan melalui acara hari ini, para lansia tetap semangat menjaga kesehatannya dan aktif dalam pemeriksaan kesehatan rutin,” ucap Surung Chalres.

Disampaikan Surung Charles, setiap warga negara usia 60 tahun ke atas dilakukan pemeriksaan kesehatan minimal 1 (satu) kali dalam kurun waktu 1 (satu) tahun. Skrining yang dilakukan seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, pemeriksaan kolesterol dalam darah, serta deteksi gangguan mental emosional. Jika ditemukan faktor risiko, maka wajib dilakukan intervensi secara dini. Jika ditemukan penyakit, wajib ditangani dan dirujuk ke puskesmas.

Komentar Anda

Terkini: