Proses Hukum GulaVitPIR di Polda Sumut, Dirreskrimsus : Para Ahli Lagi Dimintai Keterangan

/ Selasa, 11 Juni 2024 / 11.40.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumut digawangi Kombes Andry Setiawan sedang intensif melakukan penyelidikan atas produksi Gula Kristal Putih merk GulaVitPIR produksi PT Pesona Inti Rasa di KIM 3 Medan. 

Polisi meminta masyarakat bersabar atas proses yang mereka lakukan. Penyelidik di Ditreskrimsus Polda Sumut sedang melakukan pemerksaan keterangan ahli terkait proses pengumpulan bukti dan keterangan pemeriksaan produk pangan itu. 

Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes Andry Setiawan kepada wartawan, Sabtu (9/6/2024) melalui pesan Whats App nya menjelaskan, Polisi sedang bekerja melakuakan penyelidikan dengan memeriksa para ahli dari Kementerian terkait dan lainnya. 

Tak banyak yang dijelaskan mantan Kabid Hukum Polda Sumut ini. Dia hanya meminta masyarakat bersabar atas proses yang dilakukan team nya. “Team lagi bekerja, sabar ya, para ahli lagi dimintai keterangan,” kata Dirreskrimsus Polda Sumut Kombes Andry Setiawan. 

Sebelumnya, Tim Ditreskrimsus Polda Sumut, Jumat 24 Mei 2024 sejak pukul 10.00 WIB periksa Produsen Gula Kristal Putih (GKP) GulaVitPIR yakni PT Pesona Inti Rasa di Komplek Pergudangan Trifaco di KIM III Medan. 

Kasubdit Idnag Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Bambang Rubianto membenarkan pemeriksaan itu. “Ntar Tim lagi mendalami dan minta keterangan dan dokumen yang dibutuhkan,” jawabnya dikonfirmasi wartawan, Jumat (24/5/2024) via Whats App nya. 

Diberitakan sebelumnya, Kadisperindag Sumut melalui Sekretaris Yosi Sukmono, Selasa (28/5/2024) mengaku dinasnya telah mendeteksi atas produksi Gula Putih berbahan Rafinasi. 

ASN muda ini mengaku akan melakukan pemeriksaan dari sisi produksi dan sisi peruntukan bahan baku Gula Rafinasi terkait kuota perdagangannya. 

Yosi Sukmono berjanji akan mengkaji operasional PT Pesona Inti Rasa dan PT Medan Sugar Industry dan jika ditemukan pelanggaran maka akan ditindak sesuai kewenangan. “Kalau ada kesalahan akan kami tindak sesuai kewenangan. Terima kasih informasinya dan kami respon atas fungsi pelayanan publik,” pungkasnya. 

LBH Medan meminta Kapolda Sumut mengusut tuntas pemeriksaan di PT Pesona Inti Rasa (PIR) selaku produsen Gula Kristal Putih merk GulaVitPIR dan PT Medan Sugar Industry (MSI) selaku distributor Gula Kristal Rafinasi. 

“Sebenarnya yang utama diperiksa adalah PT Medan Sugar Industry setelah polisi memeriksa PT Pesona Inti Rasa. Segera lanjutkan proses penyelidikan menjadi penyidikan lalu segera tetapkan tersangka serta tahan para pelaku,” tegas Wakil Direktur LBH Medan M Ali Hanafiah Matondang SH MHum, Minggu (26/5/2024). 

M Ali Hanafiah Matondang SH MHum menerangkan, jika di rujuk pasal 1 angka 3 Permendag no 1 tahun 2019 ini, PT. PIR tidak masuk kategori Industri Pengguna sehingga diduga terdapat pelanggaran dari PT. Medan Sugar Industry selaku Produsen menjual gula rafinasi ke PT. PIR. 

Untuk itu Polda Sumut harus lakukan penyelidikan adanya dugaan tindak pidana terhadap PT. MSI dan PT PIR tersebut. Dan BPOM harus segera melakukan tindakan penarikan produk gula vit PIR dari pasaran agar masyarakat tidak menjadi korban,” harap M Ali Hanafiah. 

Belum diperoleh keterangan dari manajemen PT Pesona Inti Rasa. Pejabat di perusahaan itu tak membalas konfirmasi wartawan yang berulang kali disampaikan.  

Manajemen PT Pesona Inti Rasa Edwin Wilson dikonfirmasi wartawan, Kamis (23/5/2024) merespon singkat.  Edwin Wilson hanya mengaku akan menginfokan konfirmasi waratwan ke Tim Humas mereka. 

“Malam Pak boss. Saya akan infokan ke tim Humas kita iya Pak, untuk pertanyaan ini. Nanti sy info balik,” balasnya via Whats App nya saat wartawan menanyakan kebenaran nomor izin edar GulaVitPIR di BPOM Mobile, kapasitas produksi dan penggunaan bahan baku Gula Rafinasi dari PT Medan Sugar Industry dalam produk Gula Kristal Putih yang mereka produksi. 

Dalam pertemuan dengan sejumlah media, pria mengaku Manager PT Pesona Inti Rasa Edwin Wilson, Jumat (20/5/2024) menyampaikan berbagai kegiatan promosi GulaVitPIR di Sumatera Utara diantaranya di Carefour Medan, Parapat Simalungun dan daerah lainnya. 

Edwin Wilson mengaku baru beberapa bulan menjabat di PT Pesona Inti Rasa Cabang Medan. “Saya baru beberapa bulan menjabat manager di PT Pesona Inti Rasa Medan ini,” ujarnya singkat. (PS/RED)

 

Komentar Anda

Terkini: