TNI AL Gagalkan Penyelundupan 1 Kg Sabu-Sabu Asal Malaysia

/ Sabtu, 01 Juni 2024 / 19.30.00 WIB

 


Keterangan gambar : TNI AL Lanal TanjungBalai Asahan saat menggagalkan upaya penyelundupan 1 Kg narkoba jenis sabu-sabu di perairan Napal Kabupaten Asahan (POSKOTA/SAUFI)



"Lanal Tanjung Balai Asahan Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu-Sabu Sebanyak 1 Kg"


POSKOTASUMATERA.COM- TANJUNGBALAI

Tim Fleet One Quick Response (F1QR) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Lanal Tanjung Balai Asahan kembali menunjukkan kegigihannya dalam memerangi narkoba. Pada hari Sabtu (1/6/24), tim F1QR berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1 Kg narkoba jenis sabu-sabu di perairan Napal Kabupaten Asahan.


Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan  (Danlanal TBA) Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha menyatakan Operasi penangkapan berawal dari laporan nelayan yang melihat aktivitas mencurigakan di perairan Tanjung Bangsil.

"Tim F1QR Lanal TBA yang sigap langsung bergerak menuju lokasi dan menemukan sebuah sampan kaluk tanpa alat tangkap yang diawaki oleh dua orang,"kata Letkol laut (P)Wido Dwi Nugraha.


Setelah dilakukan pengejaran selama 15 menit, tekong sampan kaluk nekat mengandaskan sampannya dan melarikan diri ke hutan bakau. Sementara itu, penumpang perempuan yang ketakutan tetap berada di atas sampan.


Hal itu ditegaskan Danlanal,Tim F1QR Lanal TBA dengan berani melompat ke laut untuk mengamankan sampan dan penumpang perempuan. Sayangnya, tekong sampan kaluk berhasil melarikan diri.






Dari operasi tersebut, tim F1QR Lanal TBA berhasil mengamankan barang bukti berupa:1 unit sampan kaluk,1 orang pelaku pembawa diduga narkoba jenis sabu sebanyak 4 bungkus dengan total berat 1.113 gram dan barang bawaan lainnya.


Keberhasilan Tim F1QR Lanal TBA dalam menggagalkan penyelundupan 1 kg narkoba jenis sabu-sabu ini merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk meningkatkan kewaspadaan dan merespon cepat informasi yang diterima, dalam hal ini upaya penyelundupan narkotika di wilayah perairan Indonesia.


Pelaku dan barang bukti kemudian dibawa ke Kantor BNNK Tanjung Balai untuk pendalaman dan pemeriksaan lebih lanjut. Kapal kayu diamankan di Dermaga Posbinpotmar Bagan Asahan.

Seorang Masyarakat diBagan Asahan, H Sanusi mengapresiasi  Pencapaian ini.

"Ini menunjukkan komitmen TNI AL dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara dari bahaya narkoba,"ujar H Sanusi.
Mari kita bersama-sama dukung TNI AL dalam memerangi narkoba. (PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: