Aparat Desa Panompuan Sumbangkan Gajinya Untuk Masyarakat Di Tengah Covid-19

/ Minggu, 19 April 2020 / 04.57.00 WIB
                                         
                                         POSKOTASUMATERA. COM-
TAPSEL- Pemerintahan Desa (Pemdes) Panompuan bagikan bantuan Beras dan Uang Tunai ditegah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) kepada masyarakatnya yang semakin hari semakin terjepit, khususnya masyarakat ekonomi kelas bawah di Desa Panompuan, Kecamatan Angkola Timur pada Sabtu, (18/4).




Pemberian bantuan  ini merupakan bentuk kepedulian dan keprihatinan Pemdes Panompuan kepada warganya ditengah pandemi Covid-19 ini, pasalnya wabah ini membuat masyarakat ekonomi kelas bawah menjerit.
                                 

Kepala Desa Panompuan Aminur Rasyid Harahap, S.Pd.I mengatakan, bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi atas keadaan masyarakat kita khususnya ekonomi bawah yang kita pandang layak untuk dibantu dimasa pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan tersebut disepakati oleh seluruh aparatur desa, dan yang terpenting bantuan ini murni atas sumbangsi dari gaji para aparat desa, pungkasnya.

Kepedulian kita dimasa pandemi ini diuji, bahwa Pemdes Panompuan sama sekali tidak menggunakan Anggaran Dana Desa maupun Dana Desa. Hal ini yang perlu digaris bawahi, bahwa apa yang kita lakukan sekali lagi merupakan sumbangan pribadi, beber Kades.

Pemberian sumbangan tersebut secara simbolis kita serahkan bantuan kepada sekitar 10 Kepala Keluarga di pelataran Kantor Desa, selebihnya sebanyak 60 paket langsung kita antar kerumah-rumah warga. Total warga yang kita bantu berjumlah 70 Kepala Keluarga, jelas Kades Panompuan.

"Sumbangan yang kita berikan berupa Beras 10 Kg dan Uang Tunai sebesar Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) per rumah tangganya", sebutnya.

Kepada Wartawan Kades mengatakan terkait munculnya ide bantuan tersebut, Kades mengatakan  bahwa kegiatan tersebut atas inisiatifnya selalu Kepala Desa dan disepakati oleh Badan Permusyawaran Desa (BPD) beserta perangkat desa lainnya. Berhubung Bulan Suci Ramadhan sudah di depan mata, alangkah baik dan indahnya berbagi dengan yang membutuhkan, ucapnya.

"Bantuan tersebut kita antarkan langsung kepada warga yang ada di Desa Panompuan, Kampung Panompuan Julu, Kampung Panompuan Tonga dan Kampung Parumaen", cetus Rasyid.

Dalil Siregar selaku Ketua BPD Panompuan mengatakan, mendukung penuh inisiatif Kepala Desa Panompuan yang terus peduli kepada warganya. Ide yang begitu cemerlang dan patut dijadikan teladan, apalagi ditengah masa sulit seperti ini.

Bantuan tersebut merupakan hasil musyawarah bersama, bahwa kita sepakat untuk menyisihkan sebagian dari gaji ataupun honor serta intensif yang dimiliki sebagai amal kebaikan, sebutnya.

Sementara itu, Ricky Hadamean Siregar, S.IP dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi ide cemerlang Kepala Desa Panompuan beserta aparat desa lainnya. Pasalnya, ditengah pandemi Covid-19 seperti ini jarang ditemui orang-orang yang tulus menyisihkan sebagian dari gaji atau honor serta insentifnya untuk kepentingan orang banyak.

"Saya merasa kagum dan bangga, semoga bisa menginspirasi desa yang lainnya agar dapat melakukan hal yang sama meski dengan cara yang berbeda", ujarnya.

Atas nama Pemerintah Kecamatan Angkola Timur, saya ucapkan banyak terima kasih atas kepedulian Pemdes Panompuan kepada warganya, sebut Ricky.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Angkola Timur Ricky Hadamean Siregar, S. IP, Kepala Desa Panompuan, BPD Panompuan, Ibu PKK Panompuan, Babinsa dan Masyarakat.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: