Bawaslu Palas Gelar Apel siaga Tahun 2023

/ Selasa, 05 Desember 2023 / 17.53.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM -PALAS -Badan pengawas Pemilu kabupaten Padanglawas laksanakan Apel Siaga Tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Sibuhuan jalan kihajar dewantara 
Selasa (05/12/23).

Kegiatan di hadiri Ketua Bawaslu propinsi Perwakilan Pemda Palas yang di wakili Asisten 1, Kapolres Padang Lawas, Pabung 0212 TS, Kajari Palas Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama, pengadilan Negeri Pimpinan OPD, Parpol, Camat Barumun, Lurah Pasar Sibuhuan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Ketua Bawaslu kabupaten Padanglawas
Alex Sabar Nasution S.Pd dalam kesempatan deklarasi damai menyampaikan pemilu harusnya menjadi sarana intregritas bangsa dan tidak boleh menjadi instrument konflik tetapi Pemilu harus menjadi alat perekat pemersatu dan menjadi sarana penegakan Pemilu.

Alek meminta kepada seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten padanglawas agar tetap menjaga kode etik pengawas Pemilu yang antara lain Suatu kesatuan Azas moral etika dan filosopi yang menjadi pedoman perilaku bagi pengawas Pemilu khususnya jajaran pengawas Pemilu di kabupaten Padanglawas.

" Kita sebagai pengawas pemilu berkewajiban menolak segala bentuk perilaku yang dapat merusak integritas kita selaku pengawas Pemilu, serta memegang teguh integritas dalam mengawal demokrasi indonesia dan berharap koordinasi dan sinergritas multi pihak senantiasa bisa berjalan dan solidaritas sesama penyelenggara semakin kuat terbangun dalam menuju Pemilu 2024 yang bertintegritas dan bermanfaat," kata Alex.

Ditempat sama Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Aswin Diapari Lubis, dalam sambutannya mengatakan Dalam rangka apel siaga dan deklarasi Pemilu damai tahun 2024 ini masa Kampanye telah mulai sejak tanggal 28/11/2023 yang lalu.Maka dari itu kita sebagai pengawas Pemilu harus kerja ekstra dalam mengawasi pesta demokrasi yang waktu dekat akan kita laksanakan.

“Kita semua harus siap siaga, inilah tujuan apel siaga ini untuk mengingatkan semua seluruh jajaran bawaslu se Kabupaten Palas. untuk  mencegahan agar tidak terjadi pelanggaran dalam kampanye dikabupaten Padanglawas. Ujar Ketua Bawaslu sumut

Selain itu, Ketua Bawaslu sumut kembali mengingatkan kepada seluruh yang hadir, Bangun dan  jaga semangat integritas selaku penyelenggara. Sebagai mana telah disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Palas tadi”. Kata Aswin.

Saya yakin bapak dan ibu tetap menjaga integritas selaku penyelenggara, pengawas, semua jajaran Bawaslu khususnya di kabupaten Palas akan melakukan patroli pencegahan dan patroli pengawasan dan semua jajaran ASN harus menjaga netralitas, baik ia ASN TNI-POLRI.

“Diharapkan juga, kepada seluruh Ketua Ketua Parpol untuk menjaga konduktivitas, kenyamanan, kedamaian di kabupaten Palas”. Harap, Ketua Bawaslu sumut.

Usai apel dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai yang di bacakan oleh seluruh anggota Parpol.Deklarasi itu berisi :

Pertama, melaksanakan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedua. Tidak melakukan politik uang dan menjanjikan imbalan dalam bentuk apapun kepada pemilih.

Ketiga.Tidak melakukan intimidasi, ujaran kebencian dan menyebarkan berita hoaks (bohong) dalam berkampanye.

Keempat. Tidak melakukan penghinaan terhadap seseorang, agama, suku, ras, golongan calon dan/atau peserta pemilu yang lain, serta penghasutan dan adu domba dalam kegiatan kampanye.

Kelima. Tidak mengikut sertakan pihak-pihak yang dilarang dalam peraturan perundang- undangan untuk ikut berkampanye.

Dan keenam. Mendukung bawaslu padang lawas melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran terhadap tahapan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi ditandatangani Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua PN, DPRD, Asisten I Setda mewakili Pemda Palas Bupati Serta Parpol peserta Pemilu.(PS/MUNIF)

Komentar Anda

Terkini: