Implementasikan IKM, Kacabdisdik Wilayah XI Drs. Oloan Nasution Buka Pelatihan IHT bagi Guru SMAN 6 Padangsidimpuan

/ Minggu, 17 Desember 2023 / 21.16.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berbasis literasi numerasi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Kacabdisdik) Wilayah XI Drs. Oloan Naaution, membuka kegiatan pelatihan Bimbingan Teknis dan In House Training (IHT) bagi guru SMAN 6 Padangsidimpuan di Aula SMAN 6 Padangsidimpuan, Sabtu (16/12/2023) kemarin.


Kegiatan yang menghadirkan narasumber Jecson P Sihombing, S.Pd dan Pengawas Pembina Drs. Zainal Abidin Lubis.

Dalam pelatihan itu juga pesertanya  Dewan Guru SMAN 6 Padangsidimpuan mengikutinya secara tekun dan serius.


Kacabdisdik Wilayah XI, Drs. Oloan Nasution saat membuka pelatihan di Aula SMA Negeri 6 Padangsidimpua  Sabtu (16/12) mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan kompetensi khususnya bagi guru SMAN 6 Padangsidimpuan.

Dikatakannya, IHT dan IKM adalah sebuah bentuk program pelatihan yang diselenggarakan oleh SMAN 6 Padangsidimpuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

"IKM adalah sebuah bentuk fasilitasi yang ditujukan kepada guru, kepala sekolah, dalam mempersiapkan keterlibatannya pada Kurikulum Merdeka yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar," jelas Drs Oloan Nasution. 

Kacabdis menuturkan, Kurikulum Merdeka adalah sebuah opsi satuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 sampai 2024 yang memberikan kebebasan kepada guru untuk menyesuaikan materi, metode, media, dan sumber belajar dengan kebutuhan dan potensi peserta didik.

Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya.

Lebih lanjut disampaikannya, tujuan umum IHT implementasi merdeka belajar dalam penyusunan perangkat pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan program dan kebijakan merdeka belajar.

Selain itu, intinya bahwa pelaksanaan kegiatan IHT bertujuan meningkatkan sumber daya manusia pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2023/2024.

Dia mengharapkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini yang sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan dan terima kasih kepada narasumber yang telah hadir di SMAN 6 Padangsidimpuan. 

"Pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas proses belajar mengajar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja," pungkas Oloan Nasition. 

Dengan mengharap Ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa pelatihan Bimbingan Teknis dan In House Training (IHT) bagi guru SMAN 6 Padangsidimpuan secara resmi saya buka. 



"Sebelumnya Kepala SMAN 6 Padangsidimpuan Hasmaruddin Nasution M. Pd menyampaikan “Silakan bapak ibu untuk bisa memberikan masukan  apa yang masih harus kita benahi  untuk kemajuan SMAN 6 Padangsidimpuan” ujarnya. 

Mari kita dengarkan pemaparan dari nara sumber, Pengawas Pembina Drs. Zainal Abidin Lubis dan Ka. Cabdisdik Wilayah XI Bapak Drs. Oloan Nasution untuk untuk kita implementasikan untuk peserta didik, "harapnya. 

Selanjutnya Kepala SMAN 6 Padangsidimpuan mengucapkan terimakasih kepada Kacabdisdik Wilayah XI Bapak Drs. Oloan Nasution, Pengawas pembina Bapak Drs Zainal Abidin Lubis dan nara sumber yang telah hadir memberikan ilmu dan  motivasi kepada Guru SMAN 6 Padangsidimpuan.(PS/BERMAWI)





 
 
 

Komentar Anda

Terkini: