Kibo Ketua Bela Negara FKPPI Kota Binjai Peduli Masyarakat

/ Minggu, 17 Desember 2023 / 20.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BINJAI-Berbeda dengan pengusaha lainya, Binjai marak dengan wisata kuliner, Mohan yang disapa Kibo tokoh pemuda kota binjai telah membuka lapangan kerja baru dikota Binjai berupa "Usaha Penampungan Lidi Sawit yang berada di jalan Sukarno- Hatta Km. 18 Kel. Tunggurono kec. Binjai timur, Minggu ( 17/24) 

Peluang bisnis yang memiliki prosfek cerah dengan memanfaatkan limbah dari kebun pohon kelapa sawit adalah dengan memanfaatkan daun pelepah kelapa sawit yang diraut  menjadi lidi sebagai upaya untuk menghasilkan lembaran-lembaran rupiah.

Lidi kelapa sawit sangat mudah ditemukan dan dapat menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat kota binjai khususnya, sekaligus mengurangi angka pengangguran di Kota Binjai.

Pemilik usaha lidi kelapa sawit Mohan yang akrab disapa Kibo, melalui Arfat selaku kepala gudang ketika disapa  awak media saat dilokasi gudangnya menjelaskan "lidi pelepah kelapa sawit yang kami kumpulkan berasal dari agen dikampung-kampung (desa), lalu agen menjualnya ke gudang penampungan kami ini, dan kami juga mempekerjakan masyarakat sekitar lebih kurang 120 orang”ucap arfat (16/12).

Arfat juga menjelaskan, "kami beli sapu lidi sawit harganya bervariasi, harga lidi sawit yang sudah kering Rp4.500/kg, lidi setengah kering harganya Rp3.800/kg dan lidi yang masih basah harganya Rp2.700/kg. Hal ini tujuan kami agar masyarakat dapat memiliki penghasilan tambahan dari limbah sawit ini". Ungkapnya (16/12).

Terkadang kami bergantung kwalitas barang yang ditawarkan,dan harga tergantung nilai jual beli pasar bisa juga berubah-ubah,” ungkapnya lagi.

Wati salah seorang pekerja, ketika dikonfirmasi "kami bisa berpenghasilan Rp.400.000.- hingga Rp600.000.-/minggunya. bahkan bisa lebih Lo pak". Jelasnya(16/12).

Dari pengrajin ketika awak media telusuri, "kami merasa bersyukur dengan adanya usaha ketua Kibo ini, kami bisa meraup rezeki tambahan, sambil nonton televisi dirumah malam-malam kami meraut lidi bisa menghasilkan uang" ucap Heni dirumahnya selaku pengrajin (16/12).

"Ya, sambil bekerja di gudang  jual- beli lidi sawit, Alhamdulillah pak Kibo sudah ikut serta membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran,Ucap Arfat (16/12).

Arfat juga mengungkapkan,bahwa setiap dua minggu sekali rata-rata sebanyak 25 ton hingga 50 ton melalui kami peti kemaskan ke Pelabuhan Belawan untuk diekspor ke India dan Pakistan.

"Mohon doa restunya bang semoga, usaha gudang lidi sawit milik Ketua Kibo ini bisa besar dan bisa menampung tenaga kerja lebih banyak lagi khususnya bagi warga Binjai,amin. " ucap Arfat ke awak media. (PS/ZOEL IDRUS).

Komentar Anda

Terkini: