Masyarakat Puas Pelayanan di Poliklinik Puskesmas Banda Sakti

/ Selasa, 16 Januari 2024 / 09.53.00 WIB
Suasana di poli gigi

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE  -  Masyarakat  kota Lhokseumawe yang mengunjungi Puskesmas Banda Sakti merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai yang bertugas pada semua Poliklinik di Puskesmas Banda Sakti. 

Hal tersebut seperti diungkapkan salah satu pasien yang berasal dari Desa Uteun Bayi yang bernama Said Zulkarnaen. Kabar baik ini diperoleh saat media Poskota berbincang dengan sejumlah masyarakat yang sedang berobat di Puskesmas Banda Sakti, Jumat 19 Januari 2024.


Lebih lanjut Said menambahkan beberapa kali memeriksakan kesehatan ke Puskesmas Banda Sakti ini tidak pernah ada hambatan dalam memberikan pelayanan. Bahkan selalu memberikan pelayanan terbaiknya kepada saya dan masayarakat. 


Tentunya ini sangat memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan di bidang kesehatan. "Disamping tidak menunggu terlalu lama pelayanan yang ramah juga di berikan oleh para petugas di Poliklinik Puskesmas Banda Sakti," jelasnya.


Bahkan Ia menambahkan ini bukan karena ditinjau Pj Walikota  dan juga Kadiskes Lhokseumawe, melainkan ini satu kenyataan pelayanan yang baik telah diberikan puskesmas Banda Sakti ini pada masyarakat. Ia berharap semua puskesmas dan pelayanan kesehatan dapat memberikan pelayanan yang seperti Puskesmas Banda Sakti, ungkap Said Zulkarnaen alias Waled.


Hal senada disampaikan Erlinawati dari Gang Asa Desa Tumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti. Ia juga mengatarkan saat anaknya dibawa ke Pukesmas untuk berobat. Ia menyampaikan pelayanan yang diberikan puskesmas Banda Sakti sangat baik. Bahkan Erlinawati menambahkan tidak ada antrian panjang bila berobat di Puskesmas ini.

Suasana di poli anak 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Safwaliza, S.Kep, M.K.M mengatakan agar dapat terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan yang prima dan nyaman. Dengan adanya rasa puas dari masyarakat tentunya ini harus dipertahankan dan ditingkatkan demi pelayanan pada masyarakat.


Kepala Puskesmas Banda Sakti dr. Ferdian Subhan mengatakan kunjungan pasien ke puskesmas ini cukup banyak, rata-rata perhari mencapai 100 orang. Bahkan pada hari Senin kunjungan pasien bisa lebih dari 100 orang  mengingat hari pertama hari kerja. 


Untuk pelayanan kesehatan jenis pelayanan yang paling banyak  diberikan adalah pelayanan kesehatan dasar. Untuk meningkatkan pelayanan pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan meminta masukan dari masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik. "Kami akan berusaha terus memberikan pelayanan yang terbaik sehingga masyarakat merasa nyaman terhadap pelayanan yang diberikan," ujar dr. Ferdian.


Adapun bidang kesehatan masyarakat yang diberikan pelayanan di Puskesmas Banda Sakti mencakup beberapa Poliklinik, diantaranya adalah 


Poliklinik Umum, yaitu Melaksanakan pelayanan kesehatan perorangan bagi usia 6 sampai

45 tahun. Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang, Melaksanakan rujukan, Melaksanakan KIR kesehatan, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis di poli Umum serta Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


Poliklinik USILA (Usia Lanjut) yaitu Melaksanakan pelayanan kesehatan perorangan bagi usia > 45

tahun. Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang, Melaksanakan rujukan, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis di poli usila dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.

 

Poliklinik Anak program Kesehatan Anak, yaitu Melaksanakan pelayanan kesehatan perorangan bagi usia 0 sampai 6 tahun. Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang

Melaksanakan rujukan. Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis di poli anak dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.

 

Poliklinik Gigi, yaitu Melaksanakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang

Melaksanakan rujukan, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis. di poli gigi dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


Poliklinik KIA & Persalinan yaitu Melaksanakan kegiatan pemeriksaan/pembinaan kepada ibu

hamil, ibu bersalin, ibu nifas,dan ibu menyusui Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis, non medis di poli KIA. Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang Melaksanakan rujukan. Melaksanakan pelayanan persalinan di unit pelayanan persalinan sesuai pedoman berkoordinasi dengan bidan penanggung jawab unit pelayanan persalinan puskesmas dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


Poliklinik KB yaitu Melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana, Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang, Melaksanakan rujukan

Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis di poli KB dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan

 

Poliklinik Imunisasi yaitu Melaksanakan pelayanan Imunisasi, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis

di poli Imunisasi, Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


Poliklinik TB dan Kusta yaitu Melaksanakan pelayanan TB dan Kusta, Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang Melaksanakan rujukan. Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis

di poli TB dan Kusta dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan

 

Pojok Gizi yaitu Melaksanakan pelayanan dan konsultasi gizi, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis

di poli Gizi dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


Poliklinik Infeksi Menular Seksual (IMS) yaitu 

Melaksanakan pelayanan IMS, Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang?, Melaksanakan rujukan, Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan non medis

di poli IMS dan Perencanaan, pencatatan dan pelaporan, ungkap dr. Ferdian Subhan. (ADV)

Komentar Anda

Terkini: