Wabup Samosir Launching Program Samosir Mallatam

/ Kamis, 25 Januari 2024 / 12.07.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Di Mariana Resort and Convention, Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo,
Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, melaunching program pengelolaan sampah dan pangan lokal yang bertajuk 'Samosir Mallatam. Progam itu akan laksanakan di Kenegerian Sihotang,  Desa Hariara Pohan sebagai pilot project. 

Program Samosir Mallatam merupakan proyek inovasi sosial yang diinisiasi oleh Roda Hijau dan Aksata Pangan dengan dukungan dari GoTo Impact Foundation, yang bertujuan untuk mengelola sampah dan mengolah pangan lokal guna memberikan manfaat ekonomi di destinasi wisata Kenegerian Sihotang, dengan Desa Hariara Pohan. 

Desa itu akan menjadi titik awal area fokus pertama dalam implementasi solusi dan inovasi dengan menerapkan berbagai program diantaranya Pembangunan TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle), Pembangunan Sopo Pangan sebagai tempat untuk mengolah pangan yang berpotensi terbuang menjadi produk bernilai ekonomi, serta melakukan  Pendampingan dan pelatihan kepada pengelola desa wisata.

Head of Programs and Partnership GoTo Impact Foundation Gojek Tokopedia, Nadiah Hanim Binti Abdul Latif, Dalam sambutannya menyampaikan sebuah kehormatan pihaknya dapat diterima dan menjalankan program tersebut di Kenegerian Sihotang, Kabupaten Samosir. 

Terinspirasi akan masyarakat tanpa memandang usia, strata sosial, tua dan muda bisa saling bekerjasama, dan kelompok pengelola Desa Wisata yang bergerak mengembangkan pariwisata ditambah dengan upaya melestarikan budaya dan kearifan lokal, kami yakin program ini akan terlaksana dan berkesinambunga. Kata Nadiah. 

"Program Samosir Mallatam akan diimplementasikan dengan tujuan untuk menciptakan destinasi yang bebas dari sampah dan dapat memberikan dampak ekonomi dengan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan", jelasnya.

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, dalam sambutannya mengapresiasi perhatian dan partisipasi tim Aksata Pangan dan Roda Hijau dengan dukungan GoTo Impact Foundation melalui program Samosir Mallatam yang bertujuan mengatasi permasalahan manajemen pengelolaan sampah serta food loss (sampah makanan) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Kabupaten Samosir.

Martua berharap pembangunan dan pengelolaan tempat pengelolaan sampah reuse, reduce dan recycle (TPS 3R) yang telah dibangun di Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk memproduksi sampah organik dan anorganik yang masuk ke TPA serta meningkatkan nilai tambah ekonomis berupa bahan bakar minyak solar, gelas souvenir, dekor ekcobrick, penjualan sampah layak jual serta mengurangi pencemaran lingkungan.

Pembangunan dan pengelolaan Sopo Pangan sebagai tempat mengolah makanan yang berpotensi terbuang untuk mengurangi food loss menjadi makanan yang layak yang dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan kelompok pengelola wisata pendampingan dan pelatihan yang diberikan kepada kelompok masyarakat sebagai aspek keberlanjutan dari program Samosir Mallatam.

"Maka dengan adanya program ini, saya mengajak seluruh yang hadir disini untuk berkolaborasi membangun Kabupaten Samosir melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan", kata Martua.

Acara Launching itu dihadiri Sejumlah Pejabat Pembab Samosir, Camat Harian, Kepala Desa Hariara Pohan, Ketua Kelompok Pengelola Desa Wisata Hariara Pohan Piatur Sihotang, Ketua Konsorsium Samosir Mallatam Laurence Ricardo P. Simanjorang, Ridwan Fadil Arif (Pilot Project Lead), Astri Arini Waluyo (Partnership Manager), dan beberapa pegiat lingkungan. (PS/PL)


Komentar Anda

Terkini: