𝐊𝐚𝐬𝐚𝐭𝐩𝐨𝐥 𝐏𝐏 𝐃𝐚𝐢𝐫𝐢, 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐭𝐮𝐧𝐣𝐮𝐤 𝐓𝐞𝐤𝐧𝐢𝐬 𝐓𝐮𝐠𝐚𝐬 𝐋𝐢𝐧𝐦𝐚𝐬 𝐬𝐚𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐓𝐏𝐒

/ Selasa, 13 Februari 2024 / 11.23.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Untuk kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Dairi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dairi bersama-sama dengan Polres Dairi gelar rapat bersama dengan Linmas Pemilu 2024 Kabupaten Dairi, Senin (12/2/2024) melalui zoom meeting.

Kasatpol PP, Horas Parlagutan Pardede, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rapat ini dilakukan agar seluruh Linmas Desa, Kasi Linmas Kecamatan, agar tau apa tugas dan tanggung jawab mereka pada saat Pemilu nanti.

"Linmas inikan nantinya ikut bertugas untuk mengamankan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti. Jadi kita lakukan rapat, agar segala tugas dan tanggung jawab mereka dapat terlaksana dengan baik," Ucapnya.

Dikatakannya, adapun tugas Linmas di TPS yaitu 1. Bertanggung jawab terhadap keamanan Lokasi TPS, Petugas KPPS, Logistik Pemilu yang meliputi Kotak Suara, Kartu suara, dan berbagai macam alat peraga lainya. 2. Memeriksa Pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS yang meliputi, apakah sudah ada tanda tinta di jari tangan, apakah membawa atribut partai atau paslon, apakah sudah membawa KTP.

"Ke-3, menjaga ketertiban calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan setelah menggunakan hak pilihnya. 4. Menjaga keamanan distribusi pengembalian Kotak suara ke PPK kecamatan," Ucapnya.

Selanjutnya dikatakan Horas, mengambil Dokumentasi Situasi dan Kondisi (dalam hal ini mengambil foto kertas plano hasil perhitungan akhir di setiap TPS dan mengirimkan ke Admin Satpol PP Kabupaten Dairi (Hp/Wa : 0811-6154-026/Admin Satpol PP Dairi). Dan Kepala Seksi Trantib Mengakomodir Nomor Kontak Handphone semua Linmas dari tiap TPS di Wilayah kerja Kecamatan.

Selanjutnya, Bupati Dairi Eddy Berutu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Dairi yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk hadir dan memberikan hak pilihnya serta sama-sama menyukseskan pemilu damai.

"Mari ke TPS dan gunakan hak pilih kita dengan baik. Kita berharap pesta demokrasi di Kabupaten Dairi ini berjalan dengan lancar dan baik," Ucapnya.

Selanjutnya, Kabag Ops Polres Dairi Kompol Martualesi Sitepu, SH MH, menghimbau kepada seluruh masyarakat Dairi untuk tidak terlibat dalam penyebaran berita hoax dan tidak terlibat dalam money politik.

"Mari kita sukseskan agar Pemilu di Dairi ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan. Kami juga menghimbau jangan terlibat dalam penyebaran berita hoax dan money politik karena akan ada sanksi yang akan diberikan, Katanya. (PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: