DPRK Lhokseumawe Apresiasi Pelayanan Kesehatan Puskesmas Muara Satu Hingga Raih Predikat PARIPURNA dari Kemenkes RI

/ Selasa, 13 Februari 2024 / 21.26.00 WIB
SUDIRMAN AMIN | ANGGOTA DPRK LHOKSEUMAWE 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE – Kalangan DPRK Lhokseumawe memberikan apresiasi atas pelayanan kesehatan masyarakat yang dilakukan oleh Puskesmas Muara Satu Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh sehingga telah memperoleh Predikat PARIPURNA dari Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia.

Atas keberhasilan meraih predikat PARIPURNA dalam akreditasi tahun 2023 lalu mendapat berbagai ucapan selamat dari kalangan masyarakat dan dari Parlemen Kota Lhokseumawe. Predikat PARIPURNA merupakan predikat tertinggi dalam akreditasi Puskesmas yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia.


Demikian disampaikan oleh Sudirman Amin anggota DPRK Lhokseumawe dari Partai NasDem dalam wawancara eksklusif dengan Poskota baru baru ini di Gedung DPRK Lhokseumawe. Menurutnya, Akreditasi Puskesmas Muara Satu merupakan proses penilaian terhadap mutu pelayanan Puskesmas selama ini yang telah dilakukan oleh pegawai yang bertugas di Puskesmas Muara Satu tersebut.


Sebut Sudirman Amin, Akreditasi Puskesmas Muara Satu dilakukan oleh Lembaga Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP). Proses akreditasi Puskesmas Muara Satu dinilai berdasarkan standar akreditasi Puskesmas yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia.


"Standar akreditasi Puskesmas terdiri dari 5 bab yang mencakup berbagai aspek pelayanan kesehatan, seperti kepemimpinan dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, program prioritas nasional, dan peningkatan mutu puskesmas," kata Sudirman Amin yang maju ke jalur politik dari Dapil III Kecamatan Muara Satu.


Sudirman menyebutkan, bahwa keberhasilan Puskesmas Muara Satu dalam meraih predikat PARIPURNA merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak. Terutama dukungan penuh dari jajaran eksekutif dan legislatif di Pemerintahan Kota Lhokseumawe.

Kami mengucapkan Apresiasi kepada kepala Puskesmas Muara Satu dan juga kepada seluruh stakeholder Lembaga Akreditasi yang telah melakukan penilaian beberapa waktu lalu," ungkap Sudirman Amin.


Politisi senior Partai NasDem ini berharap kepada seluruh petugas di Puskesmas Muara Satu agar terus dapat meningkatkan mutu pelayanan dan mempertahankan dengan adanya akreditasi ini, Puskesmas Muara Satu dapat terus berbenah menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat di seputaran Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe.


“Kami  dari legislatif akan terus memberikan support kepada Pukesmas Muara Satu untuk selalu dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Sudirman Amin.


Keberhasilan Puskesmas Muara Satu meraih predikat PARIPURNA merupakan kabar baik bagi masyarakat KotaLhokseumawe. Hal ini menunjukkan bahwa Puskesmas Muara Satu telah memenuhi standar akreditasi Puskesmas secara keseluruhan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat, pungkas Sulaiman Amin.


Sementara itu, Safwaliza Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe mengatakan Keberhasilan Puskesmas Muara Satu dalam meraih predikat PARIPURNA merupakan kabar baik bagi seluruh masyarakat di kota Lhokseumawe.  "Ini menunjukkan bahwa Puskesmas Muara Satu telah memenuhi standar akreditasi secara keseluruhan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat," sebut Safwaliza.


Ia berharap, dengan adanya akreditasi ini, Puskesmas Muara Satu dapat terus berbenah menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat.

“Kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan sebelah barat kota Lhokseumawe,” harap Safwaliza.


Predikat Paripurna merupakan predikat tertinggi dalam akreditasi Puskesmas di Indonesia. 

Akreditasi Puskesmas merupakan proses penilaian terhadap mutu pelayanan Puskesmas. Akreditasi Puskesmas dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Independent (LAI) yang telah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan.


Proses akreditasi Puskesmas dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap penilaian. Tahap persiapan dilakukan oleh Puskesmas sendiri, sedangkan tahap penilaian dilakukan oleh surveyor dari LAI, terang Safwaliza.

Kapus dan para Staf di Puskesmas Muara Satu 

Dalam proses akreditasi, Puskesmas dinilai berdasarkan standar akreditasi Puskesmas yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. Standar akreditasi Puskesmas terdiri dari 5 bab yang mencakup berbagai aspek pelayanan kesehatan, seperti kepemimpinan dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, program prioritas nasional, dan peningkatan mutu puskesmas.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe mengatakan bahwa keberhasilan Puskesmas Muara Satu meraih predikat PARIPURNA merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Akreditasi Independent (LAI), surveyor, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh  beserta staff, Kepala Sub.Bagian Tata Usaha beserta anggota, Penanggung Jawab Upaya beserta anggota, Kader, Tokoh Agama, dan Lintas Sektoral, serta seluruh masyarakat yang telah mendukung kami,” kata Safwaliza.


Safwaliza berharap dengan adanya akreditasi ini, Puskesmas Muara Satu dapat terus berbenah menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat. Keberhasilan Puskesmas Muara Dua meraih predikat paripurna merupakan kabar baik bagi masyarakat Kota Lhokseumawe, tuturnya. (ADV)





Komentar Anda

Terkini: