Kadis Pertanian Dairi : 2.783.600 Pertambahan Luas Tanaman Kopi Tahun 2019-2022

/ Jumat, 15 Maret 2024 / 11.34.00 WIB

"Kansiom Pinter Tumangger Salah Satu Usaha Penggiat Kopi di Dairi".
POSKOTASUMATERA.COM  – DAIRI 
 – Pertambahan luas tanaman kopi di Dairi  tahun 2019 – 2022 sebanyak  2.783.600 bibit dengan luas 1,756,64 Ha (Hektare),hal itu disampaikan  Robot Simanullang , SAB, MAB Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan  dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam keterangannya kepada Poskotasumatera.com dan Metroekxpes.com diruang kerjanya,Rabu (13/03/2024).

Data secara rinci atau detailnya disampaikan Kabid Perkebunan Dedi Tumanggor melalui Dairi melalui Kadis tersebut adalah Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan  dan Perikanan Kabupaten Dairi Robot Simanullang , SAB,menyebutkan pertambahan luas tanaman kopi di Dairi pada tahun 2019  dengan  luas  270 Ha (hektare) dengan jumlah bibit 432.000. Pada Tahun 2020 dengan luas  940 Ha (hektare) dengan jumlah bibit 1.504.000. Pada Tahun 2021 dengan luas  320 Ha (hektare) dengan jumlah bibit 512.000. Sedangakan pada tahun  2022  dengan luas  226,64 Ha (hektare) dengan jumlah bibit  335.600.  Sehingga jumlah keseluruhan 2.783.600 bibit dengan luas 1,756,64 Ha (Hektare).

Namun saat itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan  dan Perikanan Kabupaten Dairi itu menyebutkan sudah termasuk itu dari APBN,APBD Propinsi,dari pihak Swasta,ada juga dari Perbankkan termasuk seperti dai BI ,bahkan yang di tanam  masyarakat itu sendiri  dalam penanaman kopinya dilokasi mereka.

Jadi sekali lagi saya sampaikan,bahwa penanaman kopi seperti pemaparan dalam Musrenbang baru-baru ini yang disampaikan bapak  Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu , ada 2 juta kopi dilakukan penanaman kopi semenjak bapak itu menjabat Bupati,bahkan lebihpun ungkapnya saat itu.

Pada hari yang berbeda salah satu penggiat kopi atau termasuk salah satu usaha kopi dan mempunyai lahan kopi,punya green hose yaitu Kansiom Pinter Tumangger yang   mendapat Sertifikat Kompetensi (Certificate of Competence) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Coffee Barista beberapa tahun lalu mengatakan,bahwa saya juga mendengar langsung apa yang dipaparkan Bupati Dairi Bapak Eddy Keleng Ate Berutu pada Musrenbang RKPD di Balai Budaya Sidikalang,karena kebetulan saya salah satu  juga ikut dalam Musrenbang itu. dai IKM kopi.

Dalam pemaparan saat itu juga nama saya dibacakan Bapak Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu masuk salah satu peserta Musrenbang  dari UKM tersebut.

Apalagi saya membaca berita di media online tentang penyampaian Kadis Pertanian Dairi itu ada pertambahan penanaman kopi  2 juta lebih dari mulai 2019-2022,saya juga merasa bangga selaku anggota IKM kopi begitu banyaknya sudah penanaman kopi di Kabupaten Dairi ini apalagi sampai 2 juta lebih bibit telah ditanam masyarakat,sekali lagi saya bangga dan salut.

Tapi nanti biarlah kita hitung nantinya pengasilan kopi yang dipaparkan bapak Kadis Pertanian itu seperti data jumlah yang disampaikan kepada wartawan,mulai dari sejak penanaman sampai menghasilkan,apalagi penanaman tahun 2019  dan  2020 sudah ada hasilnya (berbuah) ,sebut Kansiom Pinter yang pernah salah satu juri dalam perlombaan meracik kopi pada Agustus tahun 2022 lalu,dan dalam perlombaan tersebut saat itu juga dihadiri Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu .

Nantilah kita hitung berapa ton perhektar hasilnya pertahun,sebab panen perdana kopi itu ada 2 kali,dan itu sudah saya alami walaupun lahan saya sedikit,dan sisstim jarak tanampun saya buat sesuai PERATURAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 49/Permentan/OT.140/4/2014 PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA KOPI YANG BAIK (GOOD AGRICULTURE PRACTICES /GAP ON COFFEE). Ujar Kansiom Pinter Tumangger  yang ikut beberapa kali pelatihan termasuk ke Jember Jawa Timur beberapa bulan yang lau di Puslitkoka.

Dan Puslitkoka yang berdiri sejak 1 Januari 1911 dengan nama Besoekisch Proefstation dan telah lebih dari satu abad berperan aktif dalam penelitian dan pengembangan kopi dan kakao di Indonesia ujar salah satu jurnalis ini juga,dan kebetulan orangtuanya laki-laki juga sebagi  wartawan senior yang berkicimpung dijurnalis 31 tahun lebih. . (PS/K.TUMANGGER). berita…. BERSAMBUNG …


Komentar Anda

Terkini: