Perlu Dipertanyakan,Sesuaikah Mesin Pulper,Huller,Sortasi,Roasting Untuk Sentra IKM Kopi Sibarung-barung ?...

/ Senin, 18 Maret 2024 / 08.10.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI – Perlu Dipertanyakan keberadaan  alat mesin pengolahan kopi telah diantar ke Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) kopi Barung-barung yang telah diantar pada hari Rabu (13/03/2024) minggu lalu.

Apakah sesuai spesifikasi alat untuk Industri Kecil Menengah (IKM), jangan-jangan kapsitasnya peruntukannya untuk Pabrik bukan untuk IKM. Apakah Mesin Pulper,Huller,Sortasi,Roasting sudahkah sesuai dengan standar yang dipakai untuk Inddustri kecil ?......

Ketika Poskotasumatera.com dan Metroekxpes.com kebetulan melintas kekantor Disperindagkop UKM Kabupaten Dairi, pada hari yang sama diatas tersebut, melihat ada  2 dumtrak untuk menaikkan alat mesin pengolahan kopi,saat itu ditanya pegawai tersebut,mau dibawa kemana ?...

Lalu para pegawai tersebut mengatakan alat mesin kopi yang mau dibawa kesentra IKM Sibarung-barung sambil memperhatikan alat-alat tersebut diangkat ke dumtrak. Namun salah satu Kabid mengatakan,seharusnya memang begitu datang kian peralatan ini,langsung kian diantar ke Sibarung-barung,tetapi saat itu belum selesai bangunannya,tapi saat ini telah selesai,sehingga diantarlah hari ini sebut Kabid tersebut.

Pada saat itu juga ingin mempertanyakan kepada Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi Iwan taruna Berutu untuk konfirmasi mempertanyakan kapasitas peralatan mesin Pulper,Huller,Sortasi dan Roasting yang kebetulan Poskotasumatera.com dan Metroekxpes.com tentang  keberadaan alat mesin pengolahan kopi ke Sibarung-barung itu,apalagi kapasitasnya mesin itu berapa ratus kilogram perjam setiap macam alat mesin tersebut.

Termasuk ingin mempertanyakan salah satu contohnya kapan mulai dioprasikan,siapa pengelolanya ?, Bagaimana Memorandum of Understanding (MOU) antara  para pengelola dengan Pemkab Dairi,apakah berbentuk koperasai yang mengelolanya ?...Atau yang mengelola para IKM kopi yang ada di Kabupaten Dairi ?...

Namun pada hari itu tidak dapat berhasil berjumpa dengan Prindagkop ,UKM Dairi  Iwan Taruna Beruta,karena Sekretarisnya mengatakan saat itu lagi rapat pak Kadis diruangannya.

Juga saat itu juga poskotasumatera.com mencoba Whatsapp ke Hpnya sekitar pukul 10.37 wib, dan sekitar pukul, 11.42  wib baru dibalas Kadis Prindagkop,UKM Dairi itu, Pagi ketua, lagi rapat deng kami ketua dalam bahasa Pakpak (lagi rapat kami).Lagi-lagi Poskotasumatera.com Whatsapp, dengan bahasa Pakpak jam piga kira kira nahan  boi pejumpa (jam berapa kita bisa jumpa),namun sampai turun berita yang kedua ini juga belum ada jawaban.

Pada hari yang berbeda salah satu pengiap kopi yang sudah berpengalaman dibidang kopi dan sering mengikuti pelatihan ,bahkan meraih beberapa sertifikat Kompetensi (Certificate of Competence) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Coffee Barista ,sertifikat Puslitkoka yang terkenal di Indonesia,Jember Jawa Timur. Juga mempunyai green hose, yaitu Kansiom Pinter Tumangger,mengatakan bahwa kapasitas mesin itu harus sesuai.

Salah satu contoh kalau masih bersifat Industri Menengah Kecil (IKM) tentu dapat disesuaikan dengan kopi yang di olah,jangan pula mesin diperuntukkan untuk pabrik diperuntukkan untuk  IKM.

Nanti bisa kita lihat spesifikasi dan kapasitas berapa Mesin Pulper,Huller,Sortasi,Roasting, yang sudah ada di sentra tersebut. Mesinnya berapa PK ,sebut Kansiom,dan bisa nanti kita buat perbandingan dalam setiap mesin.

Laginya mengenai tentang pengadaan alat mesin pengolahan kopi di Sentra Sibarung-barung tersebut,sudah pasti yang membuat spesifikasinya adalah ahli dibidang kopi,tidak mungkin yang tidak mengerti alat mesin kopi untuk peruntukan IKM ujar Kansiom Pinter Tumangger.

 Tapi nantilah kita lihat merek, spesifikasi nama-nama mesin dan kapasitasnya  berapa ...

 (PS/K.TUMANGGER/).   BERITA ,  BERSAMBUNG…

Komentar Anda

Terkini: