Sambut Bulan Puasa Ramadhan, Warga Masyarakat Perkebunan PK Gotong-Royong Bersihkan Masjid

/ Senin, 11 Maret 2024 / 15.58.00 WIB

Selesai Gotong Royong Warga Masyarakat Desa Perkebunan PK foto Bersama di Teras Masjid

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Warga masyarakat Desa Perkebunan PK, Kecamatan Padangsidimpuan
Tenggara, Kota Padangsidimpuan dalam menyambut bulan puasa Ramadhan melaksanakan gotong royong membersihkan masjid. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan warga saat beribadah.

Kepala Desa Perkebunan PK Lumalo Harahap mengatakan, kegiatan bersih-bersih masjid ini adalah kegiatan rutin menjelang Bulan Puasa  Ramadan.


“Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” kata Lumalo  Harahap usai gotong royong kepada  poskotasumatera.com, Senin (11/03/2024).


Kades menjelaskan, selain untuk kebersihan masjid, gotong royong ini juga sebagai tali silaturahmi antar  sesama warga masyarakat.


“Warga yang ikut membersihkan masjid dilakukan oleh semua warga, baik itu orang tua, pemuda dan anak-anak,” ucapnya.


Ia mengungkapkan, warga juga telah mempersiapkan kegiatan selama bulan suci Ramadan, kegiatan tersebut antara lain, buka puasa bersama di masjid, salat tarawih baca Alquran setelah tarawih.



“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing, seperti bekerja di kebun dan lainnya,” ujarnya.


Beliau menambahkan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan saja, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi masjid pada saat itu.


“Kalau masjid sudah kelihatan kotor, para warga berdatangan membersihkan masjid, biasanya dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat Jumat,” katanya. (PS/BERMAWI).

 
Komentar Anda

Terkini: